Resep Pempek Palembang (Lenjer) Anti Gagal

Ricardo Howard   02/11/2020 11:04

Pempek Palembang (Lenjer)
Pempek Palembang (Lenjer)

Lagi mencari inspirasi resep pempek palembang (lenjer) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek palembang (lenjer) yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek palembang (lenjer), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan pempek palembang (lenjer) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pempek palembang (lenjer) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pempek Palembang (Lenjer) menggunakan 6 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Pempek Palembang (Lenjer):
  1. Siapkan 500 g ikan tenggiri giling
  2. Ambil 400 g tepung sagu tani
  3. Sediakan 350 ml air es
  4. Gunakan 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  5. Ambil secukupnya Garam
  6. Ambil secukupnya Gula

Cari produk Camilan Beku lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Siapa yang tak tahu pempek, makanan khas palembang, Sumatera Selatan ini banyak di gemari masyarakat. Tak hanya masyarakat palembang saja melainkan masyarakat Indonesia.

Cara membuat Pempek Palembang (Lenjer):
  1. Masukkan ikan tenggiri ke dalam wadah, tambahkan bawang putih halus, garam, dan gula. Tambahkan air es sedikit demi sedikit, aduk hingga tidak bergerinjil.
  2. Masukkan tepung sagu tani sedikit demi sedikit, aduk rata menggunakan spatula.
  3. Lumuri tangan dengan tepung sagu agar tidak lengket ketika dibentuk. Lalu rebus hingga pempek mengapung. Angkat dan pempek siap untuk digoreng.

Pempek ini banyak sekali macamnya, salah satunya pempek lenjer. Untuk mengetahui bagaimana lirik lagu Pempek lenjer, berikut ini adalah lirik lagu Pempek Lenjer. Karena praktis dalam penyajian, maka banyak pencinta makanan khas Palembang yang memiliki stok lenjer besar atau lenjer gede. Apalagi jika penggemar pempek sejati, biasanya menyajikan pempek yang satu ini tanpa digoreng, alias hanya direbus saja. Sebut saja pempek dos, pempek kulit, pempek pastel, pempek keriting, pempek lenggang, serta pempek tanpa ikan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pempek Palembang (Lenjer) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved