Bagaimana Menyiapkan Pempek ikan palembang, Enak

Dustin Underwood   29/08/2020 01:20

Pempek ikan palembang
Pempek ikan palembang

Lagi mencari inspirasi resep pempek ikan palembang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek ikan palembang yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek ikan palembang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pempek ikan palembang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pempek ikan palembang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pempek ikan palembang memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pempek ikan palembang:
  1. Ambil 1 kg ikan tenggiri giling halus
  2. Ambil 600 ml air
  3. Ambil 700 gr tapioka (saya pakai cap bapak tani)
  4. Ambil 2,5 sdm garam
  5. Gunakan 1 sdt gula
  6. Gunakan 1 sdt penyedap (saya skip)
  7. Gunakan 3 sdm minyak sayur
  8. Ambil Cuka/cuko
  9. Siapkan 500 gr gula merah
  10. Gunakan 700 ml air
  11. Ambil 1 sdt asam jawa
  12. Gunakan 1 sdm garam halus
  13. Gunakan 100 gr bawang putih
  14. Gunakan 50 gr cabe rawit (kalau suka pedas boleh ditambah)

Sejarah Pempek Palembang berawal dari seorang warga etnik tionghoa yang ketika itu membuat makanan dari bahan ikan dan sagu. Hal ini juga terinspitrasi dari sangat banyaknya ikan belida yang sangat mudah ditemukan disungai musi. Palembang terkenal dengan pempeknya yang mendunia. Mudah sekali menemukan penganan yang terbikin dari ikan-ikanan ini di daerah itu.

Cara menyiapkan Pempek ikan palembang:
  1. Campur ikan dg air aduk sampai tercampur rata lalu tambahkan garam dan gula aduk kagi sampai rata dan mengental
  2. Lalu ambil adonan kira2 2 genggaman taroh ditempat yg berbeda lalu tambahkan tapioka secukupnya aduk sampai menyatu diadonan lalu bentuk sesuai selera
  3. Lakukan sampai adonan habis lalu rebus di air mendidih tunggu sampai mengapung lalu angkat
  4. Goreng pempek atau boleh langsung dimakan setelah direbus
  5. Untuk adonan cuka rebus gula merah n asam jawa sementara itu haluskan cabe rawit dan bawang putih setelah asam jawa dan asam jawa larut masukkan bumbu halus lalu tambahkan garam koreksi rasa dan siap disantap

Sebab, hampir di setiap jalan, terdapat warung atau tempat makan pempek. Pempek yang berlogo pempek ek dempo ikan belida ini punya jaminan pempek dengan rasa legendaris. Hal ini dikarenakan penggunaan ikan belida sebagai bahan utamanya. Jarang sekali toko pempek yang menggunakan ikan jenis ini. Jika Anda penasaran bagaimana rasanya, Anda bisa berkunjung ke tokonya langsung di Jalan Dempo Luar Kota Palembang.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pempek ikan palembang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved