Resep Tempe Terong Sambal Hijau yang Bisa Manjain Lidah

Belle Hogan   04/09/2020 15:33

Tempe Terong Sambal Hijau
Tempe Terong Sambal Hijau

Lagi mencari inspirasi resep tempe terong sambal hijau yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tempe terong sambal hijau yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tempe terong sambal hijau, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan tempe terong sambal hijau yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Beri sedikit garam lalu goreng sebentar hingga layu. Sambal goreng ati cabe hijau. foto: Instagram/@resepmasakangue. Sambal terong paling cocok dipadukan dengan ikan asin, tempe goreng dan tahu goreng.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan tempe terong sambal hijau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tempe Terong Sambal Hijau memakai 18 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Tempe Terong Sambal Hijau:
  1. Siapkan 100 gr cabe hijau besar
  2. Ambil 100 gr cabe hijau keriting
  3. Ambil 20 bh cabe rawit hijau (iris miring)
  4. Siapkan 150 gr tomat hijau (potong kecil2)
  5. Ambil 3 papan petai (kupas & belah 2)
  6. Siapkan 100 gr teri jengki
  7. Siapkan 5 lembar daun jeruk
  8. Gunakan Sedikit lengkus (kupas & memarkan)
  9. Ambil 1/2 bh bawang bombay (saya skip)
  10. Ambil 5 siung bawang merah
  11. Gunakan 3 siung bawang putih
  12. Gunakan 1 sdt garam
  13. Sediakan 1 sdm gula pasir
  14. Sediakan secukupnya Minyak goreng
  15. Sediakan 1 sdt kaldu jamur
  16. Siapkan Bahan tambahan:
  17. Siapkan 1 papan tempe
  18. Ambil 3 bh terong ungu

Lihat juga resep Lodeh tahu tempe terong enak lainnya. Resep Terong Balado - Menu makanan terong balado merupakan salah satu primadona masakan yang berasal dari suku minangkabau, Sumatra Barat. Cita rasanya pedas seperti pada masakan minangkabau pada umumnya, namun lezat sehingga bisa disantap walau hanya ditemani dengan. Rebus cabe hijau, tomat hijau yang sudah dipotong jadi dua, bawang merah, dan bawang putih.

Langkah-langkah membuat Tempe Terong Sambal Hijau:
  1. Cuci bersih cabe, rebus duo cabe hijau selama 5 menit lalu buang airnya dan tiriskan. Uleg/blender kasar, sisihkan.
  2. Iris halus bawang merah & cincang bawang putih.
  3. Tempe potong kotak2 lalu goreng 1/2 matang, sisihkan
  4. Potong2 terong, goreng sampai matang, sisihkan.
  5. Goreng teri jengki yg telah dicuci menggunakan sedikit minyak. Goreng sebentar saja agar tidak keras.
  6. Panaskan minyak goreng agak banyak +/- 200ml. Tumis bawang merah iris sampai wangi, masukkan bawang putih, lengkuas yg telah dimemarkan, daun jeruk, lalu tomat, aduk rata, masak sampai matang (gak usah sampai berubah warna jadi coklat ya)
  7. Masukkan cabe rawit iris, lalu cabe hijau yg telah di uleg/blender & petai, aduk lagi dan masak sampai matang dan wangi.
  8. Beri garam, gula pasir, kaldu jamur, aduk dan tes rasa. Kalau ada yg kurang silahkan ditambah sesuai dengan selera masing2.
  9. Masukkan teri jengki, tempe goreng & terong, aduk sampai sambal tercampur rata. Matikan kompor dan hidangkan.

Jika tidak ada maka terong berwarna hijau juga tidak. Sambal Terong adalah Sambal berkuah yang diolah dengan sambal gongso berbahan dasar terong kualitas terbaik. Tempe yang digoreng dengan tepung renyah khas Waroeng SS menjadikan menu ini cocok untuk disantap sehabis makan dan menjadi p. Sambal Goreng Kentang Hati juga sering menjadi pelengkap Nasi Tumpeng atau Nasi Kuning bersama lauk lainnya seperti Kering Tempe, Perkedel Kentang, Ayam Goreng dan Urap. Sambal terong ungu cukup nikmat disantap dengan nasi putih hangat dengan beberapa masakan daerah lainnya, seperti halnya tempe orek, ngomong soal bahan olahan yang disebut tempe ini memang cukup sulit menemukan yang benar benar asi dan tanpa campuran.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Tempe Terong Sambal Hijau yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved