Langkah Mudah untuk Membuat Cuka pempek asli palembang (item & kental) Anti Gagal

Victor Peterson   06/10/2020 13:33

Cuka pempek asli palembang (item & kental)
Cuka pempek asli palembang (item & kental)

Anda sedang mencari inspirasi resep cuka pempek asli palembang (item & kental) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuka pempek asli palembang (item & kental) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuka pempek asli palembang (item & kental), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan cuka pempek asli palembang (item & kental) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Resep Cuka pempek asli palembang (item & kental).

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cuka pempek asli palembang (item & kental) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cuka pempek asli palembang (item & kental) menggunakan 9 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Cuka pempek asli palembang (item & kental):
  1. Gunakan 600 gr Gula batok lubuk linggau / gula aren pilih yg hitam
  2. Sediakan 1/2 bungkus Asem jawa yg lonjong, boleh lebih bila suka asam
  3. Gunakan 1 liter air
  4. Gunakan 1.5 bonggol bawang putih
  5. Siapkan 30-35 bj cabe rawit (pedes ses.selera)
  6. Sediakan 3 sdt garam
  7. Siapkan 3 sdt gula pasir
  8. Sediakan Taburan ebi
  9. Ambil Segenggam ebi / rebon (me rebon lbh irit)

Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak Pempek atau yang biasa dikenal dengan empek-empek adalah makanan khas Kota Pelembang - Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan.

Cara membuat Cuka pempek asli palembang (item & kental):
  1. Rebus gula yg sudah disisir dgn asem jawa, biarkan mendidih
  2. Blender bawang n cabe rawit hingga halus, - Masukkan ke dalam rebusan gula
  3. Tambahkan garam,gula pasir ke rebusan masak dgn api kecil biarkan mendidih beberapa saat sambil diaduk, matikan
  4. Setelah dingin rebusan cuko disaring masukkan ke dalam botol, - Simpen di kulkas bawah - Awet hingga berbulan2 tapi kalo dirumah sesaat aja 😄
  5. Taburan ebi : Cuci segenggam ebi / pake rebon jika mau lebih hemat, hasil tetep enak
  6. Sanggrai hingga kering & matang, blender hingga halus masukkan ke botol kecil
  7. Note : karna ebi tdk dicampur direbusan cuko, Ketahanan cuko bisa 2bulanan disimpen dikulkas bwh
  8. Sisa saringan gula,bawang,cabe jangan dibuang bisa tuk sambel cocol kerupuk apalagi kalo kerupuk asli palembang endeeez 💕

Lihat juga resep Cuko Pempek enak lainnya. Cara pembuatan makanan khas kota wong kito ini sungguh banyak sekali penggemarnya, sampai sudah tersebar ke pelosok nusantara. Cara membuat pempek asli Palembang Ny. Oke pertama-tama kita buat dulu Biangnya. Biang: pertama-tama didihkan air secukupnya, lalu kasih semua bumbu biang, setelah itu masukkan terigu, kemudian aduk sampai rata, dan pastikan jangan sampai gosong, aduk sampai adonan menjadi sangat kental dan padat, setelah itu dinginkan dan sisihkan. video ini menjelaskan bagaimana cara membuat cuko pempek palembang ala dapur rumahan. silahkan disimak ya. sangat mudah dan enak. karena saya tidak terlalu suka dengan cuka jadi dalam video ini.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cuka pempek asli palembang (item & kental) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved