Langkah Mudah untuk Membuat Cuka pempek Palembang yang Lezat Sekali

Nancy Brady   11/11/2020 11:28

Cuka pempek Palembang
Cuka pempek Palembang

Sedang mencari inspirasi resep cuka pempek palembang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cuka pempek palembang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya. Gula merah yang biasa digunakan pada saat pembuatan Cuko ini yaitu gula merah Linggau atau gula merah khusus untuk buat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuka pempek palembang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan cuka pempek palembang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cuka pempek palembang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Cuka pempek Palembang memakai 7 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Cuka pempek Palembang:
  1. Gunakan 1 kg gula batok
  2. Sediakan 125 gr cabe rawit
  3. Siapkan 200 gr bawang putih
  4. Gunakan 2,5 ltr air
  5. Gunakan Air asam jawa
  6. Ambil 5 sdm gula pasir
  7. Ambil Garam

Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Resep ini saya dapat dari hasil modifikasi sana dan sini. Ini adalah resep cuko jualan pempek saya 😁 Pempek Palembang emang tiada dua nikmatnya. Namun makan pempek saja tidaklah enak rasanya jika tidak dengan cuka (Cuko, bahasa Palembang).

Langkah-langkah menyiapkan Cuka pempek Palembang:
  1. Siapkan dulu bahan-bahan nya
  2. Larutkan gula batok dalam 2.5 liter air. Tidak perlu dimasak bun, rendam saja nanti gula nya larut. Sementara itu blender bawang putih dan cabe rawit, gunakan air asam jawa ketika memblender. Hasilnya seperti ini
  3. Saring air gula batok, lalu didihkan. Bila telah mendidih masukkan bumbu halusnya, beri gula dan garam. Masak dengan api kecil sampai matang dan meresap. Perbaiki rasanya ya bun, bisa ditambahkan air asam jawa kalau kurang asam
  4. Bila rasa sudah pas, matikan api. Diamkan satu hari. Ketika disajikan disaring dulu ya bun..siap dimakan sebagai saos pempek. Beri potongan timun Dan sedikit ebi.

Cuko pempek juga menentukan enak tidaknya ketika makan pempek. Jika pempek enak tetapi cuko kurang sedap, maka makan pempek tersebut akan menjadi tidak enak. Maka itu makan pempek haruslah dengan cuko yang enak. COM–Pempek merupakan makanan khas Kota Palembang yang banyak disukai tak hanya oleh masyarakat Palembang, tetapi seluruh masyarakat di Indonesia menyukai makanah yang terbuat dari bahan gandum dan ikan ini. Namun makan pempek saja tidaklah enak rasanya jika tidak dengan cuka (Cuko – bahasa Palembang).

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cuka pempek palembang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved