Bagaimana Menyiapkan Pempek Lenjer Rebus Palembang yang Menggugah Selera

Brian Jennings   21/06/2020 13:30

Pempek Lenjer Rebus Palembang
Pempek Lenjer Rebus Palembang

Anda sedang mencari inspirasi resep pempek lenjer rebus palembang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek lenjer rebus palembang yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek lenjer rebus palembang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan pempek lenjer rebus palembang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Pempek ini adalah adonan basic pempek rebus saya, Kalau mau membuat pempek asli Palembang yang tanpa terigu sama sekai. Hanya menggunakan sagu/tapioka, ikan giling dan air ini dia resepnya. Jika menggunakan proses yang salah, dijamin pempeknya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat pempek lenjer rebus palembang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pempek Lenjer Rebus Palembang memakai 5 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Pempek Lenjer Rebus Palembang:
  1. Ambil 1 kg ikan gabus giling
  2. Gunakan 400 ml air es
  3. Ambil 3 sdm garam
  4. Siapkan 600 gr sagu tani
  5. Gunakan Secukupnya sagu untuk menggulung adonan

Adonan pempek lenjer merupakan adonan dasar pempek. Pempek lenjer adalah salah satu jenis atau ragam dari pempek yang terkenal khas dari Kota Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya. Cara membuat empek-empek lenjer tak berbeda jauh dengan pembuatan pempek palembang lainnya, hanya bentuknya yang bulat panjang membedakan dari aneka pempek lainnya. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia.

Langkah-langkah membuat Pempek Lenjer Rebus Palembang:
  1. Campurkan ikan giling, air es dan garam. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk. Aduk hingga rata.
  3. Ambil adonan, bentuk adonan seperti gambar. Sementara itu, rebus air hingga mendidih. (noted: Lumuri tangan dgn sedikit tepung biar adonan tidak lengket ditangan)
  4. Masukkan adonan pempek kedalam air mendidih. Masak hingga pempek mengembang dan mengapung. (Notes: klo hya mengapung blm mengembang, biasanya mentah tengah)
  5. Angkat pempek yang matang, lalu tiriskan. Pempek siap dimakan langsung atau diolah lagi.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Resep Empek Empek Lenjer Khas Palembang Yang Kenyel Dan Empuk - Nah resep kita kali adalah pengembangan dari resep pempek Palembang yang telah kita simak di artikel-artikel sebelumnya (Baca: Cara Membuat Empek Empek Palembang Ikan Tenggiri). Dimana yang akan kita bahas adalah empek empek lenjer atau yang sering disebut dengan pempek lenjer, makanan ini sangat enak dan gurih, dengan bahan ikan. Sebenarnya ini sama aja dg pempek lenjer ala palembang itu.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pempek Lenjer Rebus Palembang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved