Bagaimana Menyiapkan Pempek lenjer ikan kakap khas palembang, Menggugah Selera

Rhoda Sullivan   04/12/2020 02:24

Pempek lenjer ikan kakap khas palembang
Pempek lenjer ikan kakap khas palembang

Sedang mencari ide resep pempek lenjer ikan kakap khas palembang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek lenjer ikan kakap khas palembang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek lenjer ikan kakap khas palembang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pempek lenjer ikan kakap khas palembang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Resep Pempek lenjer ikan kakap khas palembang. Hanya saja yang paling populer dan terkenal di Nusantara maupun manca negara adalah "pempek Palembang". Ciri khas pempek Palembang asli adalah rasa pempeknya yang enak, bertekstur kenyal dengan aroma ikan tengiri yang segar.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan pempek lenjer ikan kakap khas palembang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Pempek lenjer ikan kakap khas palembang memakai 7 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pempek lenjer ikan kakap khas palembang:
  1. Ambil 1 lg ikan kakap giling (bisa ikan tenggiri, sarden, dll)
  2. Ambil 800 gr sagu tani (saya sagu biasa krn kehabisan stok sagu tani)
  3. Ambil 300 ml air es
  4. Siapkan 3-4 bks masako ayam
  5. Ambil 1 butir telur ayam
  6. Sediakan bumbu halus
  7. Sediakan 2 bongkah besar bawang putih

Sehingga selain karena daerah asalnya, ketersediaan Pempek di Kota Palembang membuat Palembang disebut sebagai Kota Pempek. Pada awalnya Pempek dikenal dengan nama […] Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek adalah pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya. Sedikit memberikan informasi sejarah makanan khas makanan ringan yang terkenal dari Palembang, yaitu Pempek.

Cara menyiapkan Pempek lenjer ikan kakap khas palembang:
  1. Blender baput, siapkan air es, dan siapkan ikan giling di wadah
  2. Campurkan ikan giling dengan bawang putih halus, masako, telor,aduk menggunakan spatula/centong supaya tidak keras nantinya, tambahkan air es aduk2 sampai tercampur rata,
  3. Ohya panaskan air ya untuk merebus pempek tambahkan minyak makan sekitar 3-5 sdt supaya pempek tidak lengket, dan Setelah adonan pempek rata masukan sagu perlahan sampai habis dan rata,
  4. Lalu bentuk lenjer sesuka hati bisa besar memanjang, bisa kecil2 secukupnya seperti saya, dan jgn lupa di alas taburi sagu supaya tdk lengket, jika adonan agak benyek bs dikepel2 tambah sagu sedikit ya, lalu rebus, jika sudah mengapung tandanya mateng ya, setelah mengapung diamkan saja sampe 2 menit lalu tiriskan, ulangi sampai adonan habis, adonan bs dibuat untuk pempek ada'an juga ya, kalo pempek adaan sy suka tidak direbus tapi digoreng
  5. Setelah ditiriskan bisa digoreng, lalu hidangkan bersama cuka pempek, untuk resep cuka pempek bisa cek di resep saya ya bunda, selamat mencoba bunda, yummi mudah dan simple

Resep Empek Empek Lenjer Khas Palembang Yang Kenyel Dan Empuk - Nah resep kita kali adalah pengembangan dari resep pempek Palembang yang telah kita simak di artikel-artikel sebelumnya (Baca: Cara Membuat Empek Empek Palembang Ikan Tenggiri). Dimana yang akan kita bahas adalah empek empek lenjer atau yang sering disebut dengan pempek lenjer, makanan ini sangat enak dan gurih, dengan bahan ikan. Pempek pak raden termasuk pempek yang sudah lama berdiri di kota Palembang yakni sudah puluhan tahun lamanya. Pempek ini terus melakukan inovasi dengan memberikan cita rasa yang khas. Seperti motonya " jika enak kasih tau teman, dan jika ga enak kasih tau kami", membuat mereka semakin baik dalam hal kualitas rasa.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pempek lenjer ikan kakap khas palembang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved