Resep Cuka pempek palembang yang Sempurna

Jayden Graham   25/09/2020 05:46

Cuka pempek palembang
Cuka pempek palembang

Lagi mencari inspirasi resep cuka pempek palembang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cuka pempek palembang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuka pempek palembang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cuka pempek palembang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya. Gula merah yang biasa digunakan pada saat pembuatan Cuko ini yaitu gula merah Linggau atau gula merah khusus untuk buat.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah cuka pempek palembang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cuka pempek palembang memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Cuka pempek palembang:
  1. Gunakan Bahan utama
  2. Ambil 1 ons cabe rawit
  3. Siapkan 10 siung bawang putih
  4. Sediakan 1 Sdm kecil garam
  5. Siapkan 1 Sdm gula pasir
  6. Sediakan Ujung sendok cuka makan
  7. Sediakan Ujung jempol Asam Jawa
  8. Sediakan 1/4 gula merah
  9. Sediakan secukupnya Air

Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Resep ini saya dapat dari hasil modifikasi sana dan sini. Ini adalah resep cuko jualan pempek saya 😁 Pempek Palembang emang tiada dua nikmatnya. Namun makan pempek saja tidaklah enak rasanya jika tidak dengan cuka (Cuko, bahasa Palembang).

Langkah-langkah menyiapkan Cuka pempek palembang:
  1. Ulek cabe dan bawang putih hingga halus
  2. Mendidihkan air dan gula merah + asam jawa
  3. Jika semuanya sudah mendidih,campurkan semua bumbu dan bahan yg sudah di ulek td
  4. Tunggu ±10 menit dgn apil kecil agar cuka matang meresap,dan icip" sesuai selera.

Cuko pempek juga menentukan enak tidaknya ketika makan pempek. Jika pempek enak tetapi cuko kurang sedap, maka makan pempek tersebut akan menjadi tidak enak. Maka itu makan pempek haruslah dengan cuko yang enak. COM–Pempek merupakan makanan khas Kota Palembang yang banyak disukai tak hanya oleh masyarakat Palembang, tetapi seluruh masyarakat di Indonesia menyukai makanah yang terbuat dari bahan gandum dan ikan ini. Namun makan pempek saja tidaklah enak rasanya jika tidak dengan cuka (Cuko – bahasa Palembang).

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat cuka pempek palembang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved