Bagaimana Membuat Kuah Cuko empek empek palembang mantul Anti Gagal

Jackson Collins   18/09/2020 00:43

Kuah Cuko empek empek palembang mantul
Kuah Cuko empek empek palembang mantul

Sedang mencari ide resep kuah cuko empek empek palembang mantul yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kuah cuko empek empek palembang mantul yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Cuko (kuah Pempek) Palembang enak lainnya. Kuah atau orang Palembang menyebutnya Cuko adalah pelengkap dan penentu enak atau tidaknya sajian Pempek. Adapun syarat dari cuko pempek yang enak dan sedap ini adalah cuko tersebut haruslah pedas, gurih dan kental.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kuah cuko empek empek palembang mantul, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan kuah cuko empek empek palembang mantul yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kuah cuko empek empek palembang mantul yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Kuah Cuko empek empek palembang mantul menggunakan 8 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kuah Cuko empek empek palembang mantul:
  1. Siapkan 300 gr gula merah/aren iris
  2. Ambil 4 siung bawang putih
  3. Siapkan 15 butir cabe rawit merah (kalau selera pedas bisa tambah)
  4. Sediakan 3 butir asam jawa+air
  5. Siapkan 1 sdt garam halus (sesuai selera)
  6. Sediakan 2 sdm cuka
  7. Ambil 1 sdm ebi haluskan
  8. Gunakan 1 liter air

Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Nama pempek diambil dari kata empek-empek atau pek-pek yang menjadi sebutan lelaki tua pada pria Tionghoa. Hingga kini pempek jadi salah satu kuliner Palembang yang menggugah selera.

Cara membuat Kuah Cuko empek empek palembang mantul:
  1. Masak air dan gula merah
  2. Jika gula merah sudah larut, campur semua bahan kecuali ebi
  3. Tunggu sampai mendidih, saring, tambahkan ebi,, kalau suka kuahnya bersih dan halus, saring lagi seluruh kuah..

Pempek Palembang juga memiliki jenis dan bentuk yang beragam, ada pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan dan banyak lainnya. Jika ingin buat empek-empeknya juga, kamu bisa baca resepnya di tautan berikut: Resep pempek simpel. Itulah dia cara membuat kuah pempek. Simak juga resep serupa seperti kuah bakso dan lain-lain, kamu bisa temukan resep lengkapnya lewat tautan ini. Walaupun pempek diatas cukup sederhana, tetapi rasa dan kezetannya tidak kalah lho dibandingakn bikinan penjual empek-empek lainnya.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Kuah Cuko empek empek palembang mantul yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved