Resep Pempek Lenjer Khas Palembang Anti Gagal

Arthur Christensen   07/08/2020 17:51

Pempek Lenjer Khas Palembang
Pempek Lenjer Khas Palembang

Anda sedang mencari inspirasi resep pempek lenjer khas palembang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek lenjer khas palembang yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Pempek Palembang Online Paling Enak Di SINI Lah Tempatnya. Pesan Kue Palembang Wikipedia Indonesia, pempek atau empek empek / mpek mpek adalah makanan khas Palembang yang dibuat dari bahan dasar daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji. Yang kemudian di bumbui bawang putih halus, penyedap rasa, garam, dan diberi tambahan telur sebagai pengikat adonannya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek lenjer khas palembang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan pempek lenjer khas palembang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan pempek lenjer khas palembang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Pempek Lenjer Khas Palembang menggunakan 6 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Pempek Lenjer Khas Palembang:
  1. Gunakan 1 Kg Ikan Giling Gabus /Tenggiri
  2. Siapkan 700 Gram Sagu Atau Tapioka Cap Tani (Aku yang Merek Liongpit)
  3. Gunakan 300 ml Air
  4. Siapkan 2 Butir Telur
  5. Ambil 3 SDM Garam
  6. Sediakan 1 SDM Kaldu Jamur

Lihat juga resep Pempek Lenjer Ikan Khas Palembang enak lainnya. Bagi pencinta pempek, lenjer adalah pempek yang selalu ada di kulkas mereka. Karena praktis dalam penyajian, maka banyak pencinta makanan khas Palembang yang memiliki stok lenjer besar atau lenjer gede. Apalagi jika penggemar pempek sejati, biasanya menyajikan pempek yang satu ini tanpa digoreng, alias hanya direbus saja.

Cara membuat Pempek Lenjer Khas Palembang:
  1. Tuang ikan giling ke dalam wadah yg telah di sediakan, beri air lalu aduk sampai ikan agak mengental, beri telur lalu aduk kembali ikan sampai benar benar mengental sampai tekstur ikan giling sudah semakin berat untuk di aduk(yg males pakek tangan, bisa juga di aduk menggunakan Mixer)
  2. Setelah ikan mengental, beri garam, dan kaldu jamur aduk aduk lagi sebentar sampai garam dan kaldu merata, lalu tuangkan sagu sedikit demi sedikit lalu ratakan sagu dengan menggunakan centong kayu (disarankan jangan menggunakan tangan, karna adonan ikan akan menjadi keras dan kejal) setelah rata, adonan siap di bentuk menjadi lenjeran pempek.
  3. Siapkan nampan bulat, atau nampan apa saja, taburi sedikit sagu ke setiap bagian nampan, lalu ambil adonan pempek, ratakan pelan pelan menggunakan tangan lalu giling giling menggunakan tangan sampai berbentuk lenjeran besar, lalu ulangi sampai adonan ikan giling habis
  4. Siapkan air yg sebelumnya sudah di didihkan terlebih dahulu dalam panci besar, lalu rebus pempek lenjer sampai Mateng, di sarankan air rebusan kasih sedikit minyak goreng dan sedikit garam, rebus sampai lenjeran habis, lalu Angkat Sajikan, goreng atau rebus sesua selera, sajikan dgn kuah Cuko hitam.

Selain pempek yang telah fenomenal, laksan makanan khas Palembang juga tak kalah lezatnya dengan pempek karena memiliki rasa yang lebih memukau. Dibuat dengan tepung sagu dan ikan, rasanya memang mirip sekali dengan pempek, namun yang membuatnya berbeda dan lebih unik adalah pada penggunaan kuahnya. Pempek atau empek-empek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut yang dicampur tepung kanji atau tepung sagu, serta komposisi beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan garam. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Pempek sering disebut sebagai makanan khas Palembang, meskipun hampir.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat pempek lenjer khas palembang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved