Cara Gampang Membuat Pampis Tongkol, Menggugah Selera

Richard Ramos   01/12/2020 08:52

Pampis Tongkol
Pampis Tongkol

Sedang mencari inspirasi resep pampis tongkol yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pampis tongkol yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Untuk membuat pampis, anda bisa menggunakan aneka jenis ikan. Ikan tongkol dengan daging tebal, sedikit duri dan murah harganya tentunya menjadi alternatif terbaik, selain tuna, kembung atau jenis ikan lainnya. Resep pampis tongkol ini sudah beberapa kali saya masak untuk stock lauk dikulkas, rasanya enak sekali saya yg tidak begitu suka tongkol pun jadi ketagihan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pampis tongkol, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pampis tongkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pampis tongkol yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pampis Tongkol menggunakan 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Pampis Tongkol:
  1. Siapkan 300 gr tongkol asap
  2. Gunakan 1 ikat kemangi
  3. Sediakan Bumbu halus :
  4. Siapkan 5 btr bawang merah
  5. Gunakan 3 btr bawang putih
  6. Siapkan 5 buah cabe merah
  7. Sediakan Cabe rawit (selera)
  8. Ambil 1 ruas jahe
  9. Siapkan 1/2 ruas kunyit
  10. Sediakan 1/2 sdt merica
  11. Siapkan Bumbu pelengkap :
  12. Siapkan 2 btg daun bawang iris halus
  13. Gunakan 1 lbr daun pandan iris halus
  14. Sediakan 5 lbr daun jeruk iris halus
  15. Gunakan 2 btg sereh geprek
  16. Sediakan Garam
  17. Ambil Gula (me: 2 tts sucralose)

Makanan ini juga bisa dijadikan lauk awetan untuk persediaan selama Ramadan. Bagaimana cara membuat pampis berbahan ikan tongkol yang enak? Berikut ini resep yang bisa Anda praktikkan. makanan khas manado ini adalah salah satu menu yang harus ada di rumah sejak ada baby dirumah. bikinnya simple banget. dan biasanya saya simpan di chiller ju. Pampis Tongkol adalah masakan khas Manado yang memiliki rasa pedas dan gurih.

Langkah-langkah menyiapkan Pampis Tongkol:
  1. Siapkan bahan. Suwir2 tongkol asap.
  2. Blender bumbu halus. Tumis bersama bumbu pelengkap, tumis sampai wangi.
  3. Masuk tongkol. Aduk rata sampai bumbu tercampur rata dg tongkol. Kalo perlu ditambah air sedikit agar cepat merata. Dg api sedang cenderung kecil, aduk terus sampai mengering airnya. Tes rasa.
  4. Setelah rasa OK. Masuk kemangi, aduk sebentar, angkat. Sajikan.

Ikan tongkol yang disuwir-suwir ini dimasak dengan aneka bumbu khas Sulawesi Utara. Untuk Pampis Tongkol ini kamu akan membutuhkan: ikan tongkol, bawang putih, cabai rawit sesuai selera, daun jeruk, serai, kunyit, jahe, jeruk nipis, Royco Kaldu Ayam , minyak sayur. Sebagai contoh, tongkol bisa diolah menjadi pepes, semur, gulai, dan pampis. Tongkol yang biasa dipepes adalah tongkol berukuran kecil yang tampilannya menyerupai ikan pindang. Sementara untuk cakalang, hidangan olahan cakalang yang paling terkenal adalah cakalang fufu, ikan yang diasapi sampai matang.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pampis Tongkol yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved