Bagaimana Menyiapkan Tongkol Tangkil (kulit melinjo), Bikin Ngiler

Rosetta Chavez   15/06/2020 07:10

Tongkol Tangkil (kulit melinjo)
Tongkol Tangkil (kulit melinjo)

Lagi mencari inspirasi resep tongkol tangkil (kulit melinjo) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal tongkol tangkil (kulit melinjo) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Kering Kulit Melinjo-Teri-Kacang enak lainnya. Resep Tumis Kulit Melinjo (kulit tangkil) Teri Pete. Makanan ini bukanlah hal asing di keluarga saya mengingat Papa adalah orang Banten (ini bahan makanan yg sgt wajar disana).

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol tangkil (kulit melinjo), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan tongkol tangkil (kulit melinjo) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan tongkol tangkil (kulit melinjo) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Tongkol Tangkil (kulit melinjo) memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Tongkol Tangkil (kulit melinjo):
  1. Siapkan 15 potong tongkol asap
  2. Siapkan 1/4 kg kulit melinjo
  3. Ambil 10 butir cabai merah
  4. Gunakan 15 butir cabai rawit merah
  5. Gunakan 4 siung bawang putih
  6. Gunakan 5 siung bawang merah
  7. Siapkan 100 ml air
  8. Ambil Secukupnya minyak untuk menumis
  9. Sediakan Bumbu-bumbu
  10. Siapkan 1 sdm kecap asin
  11. Siapkan 2 sdm saus tiram
  12. Siapkan 1 sdm kecap manis
  13. Siapkan 1/4 sdt kecap ikan
  14. Gunakan 1 sdm minyak wijen
  15. Ambil 1/2 sdt merica

Mempunyai sistem perakaran tunggang dengan batang bulat, dan bertekstur kayu dan keras. Daun melinjo tunggal memiliki bentuk lonjong dan menyirip pada tulang. Kulit melinjo atau tangkil bisa didapat dari mana saja, dari pohonnya langsung atau yang ada di pasar. Tangkil dapat diolah dengan cara ditumis, disayur, atau direbus (sesuai selera).

Langkah-langkah membuat Tongkol Tangkil (kulit melinjo):
  1. Rebus kulit melinjo hingga empuk, sisihkan.
  2. Goreng tongkol asap tapi sebentar saja kira-kira seluruh permukaan tergoreng. Angkat sisihkan.
  3. Tumis bawang putih bawang merah cabai rawit dan merah hingga harum.
  4. Tambahkan kulit melinjo. Oseng sebentar dan masukkan air hingga mendidih.
  5. Masukkan tongkol dan bumbu-bumbu. Aduk, koreksi rasa, jika sudah pas, angkat.

Pertama : Kulit buah dari biji tangkil / melinjo dibuang dan bijinya dikering - anginkan. Melinjo dikenal pula dengan nama belinjo, mlinjo, tangkil atau bago, Khalet. Emping banyak dihasilkan oleh pengusaha kecil, biasanya emping melinjo diproduksi oleh industri daerah misalnya di Banten, Kabupaten Klaten, Kabupaten Batang,Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur, yaitu di Kabupaten Magetan dan di Kabupaten Bantul. Melinjo (Gnetum gnemon Linn.) atau dalam bahasa Sunda disebut Tangkil, di Kapuas Hulu, Kalbar dinamai: 'bidau' adalah suatu spesies tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae) berbentuk pohon yang berasal dari Asia tropik, melanesia, dan Pasifik Barat. Melinjo dikenal pula dengan nama belinjo, mlinjo (bahasa Jawa), tangkil (bahasa Sunda) atau bago (bahasa Melayu dan bahasa Tagalog), Khalet (Bahasa.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan tongkol tangkil (kulit melinjo) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved