Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Bakar Kecap Mentega Anti Gagal

Isabel Simpson   29/11/2020 15:58

Ayam Bakar Kecap Mentega
Ayam Bakar Kecap Mentega

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam bakar kecap mentega yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bakar kecap mentega yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam bakar kecap mentega, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam bakar kecap mentega yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Apakah itu ayam bakar, atau sate ayam atau apa saja yang berbahan dasar daging ayam dan soal rasanya pun pasti berbeda-beda. Yang pertama adalah resep ayam bakar ungkep, ayam bakar jenis ini merupakan ayam bakar yang dibuat dengan proses dimasak atau pengungkepan Ayam bakar tanpa ungkep ini terbuat dari daging ayam segar yang diberi bumbu rempah dan olesan kecap manis, kemudian langsung dibakar tanpa. Cara membuat ayam bakar kecap: Cuci dan bersihkan sayap ayam dan lumuri menggunakan dengan air jeruk nipis supaya tidak amis.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam bakar kecap mentega yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Bakar Kecap Mentega menggunakan 16 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ayam Bakar Kecap Mentega:
  1. Siapkan 1/2 bagian Ayam kampung / 1/2 kg ayam potong
  2. Gunakan 500 ml air kelapa tua
  3. Siapkan 1 btg Serai geprek
  4. Ambil 1 ruas Laos/lengkuas geprek
  5. Gunakan 3 lembar daun jeruk
  6. Siapkan 4 sdm air asam jawa
  7. Gunakan Kecap manis
  8. Ambil 1 sdm Gula merah iris
  9. Sediakan Garam
  10. Sediakan Penyedap rasa
  11. Sediakan Bumbu halus
  12. Gunakan 2 siung bawang putih
  13. Siapkan 6 butir bawang merah
  14. Gunakan 3 butir kemiri
  15. Siapkan 1 sdt penuh ketumbar
  16. Siapkan 1 ruas kunyit

Resep Ayam Kecap Spesial Resep masakan ayam yang lezat dengan bumbu kecap bisa digoreng, panggang, bakar dan Tidak hanya ayam bakar, ayam goreng, resep semur ayam, resep ayam mentega ataupun sate ayam, banyak sekali variasi resep masak ayam yang beredar di tengah kita. Masakan ayam bakar olesan kecap mirip dengan resep ayam bakar bumbu kuning khas jawa. Yuk ikuti cara membuat ayam bakar kecap pedas manis enak. Masih seputar masakan ayam, misalnya saja ada resep ayam goreng mentega yang sekarang sedang ngetrend di kalangan ibu ibu arisan.

Cara menyiapkan Ayam Bakar Kecap Mentega:
  1. Cuci bersih ayam dan potong menjadi beberapa bagian. Kalau ayam kampung iris2 bagian dagingnya seperti akan menggoreng ikan ya mam…biar lebih cepat empuk dan bumbu bisa lebih meresap. Kalau pakai ayam potong bisa biasa aja karna ayam potong lebih mudah empuk.
  2. Haluskan bumbu dengan uleg an. (Saya lebih suja uleg karna menurut saya hasil bumbu nya kalau di tumis jadi lebih enak 😆)
  3. Tumis bumbu halus bersama dengan serai, Laos, daun jeruk. Tumis hingga harum.
  4. Kemudian masukan ayam dan uleni dengan bumbu hingga tercampur rata.
  5. Masukan air kelapa tua, air asam jawa, gula merah, garam, penyedap & kecap manis. Lalu ungkep dengan api kecil (untuk ayam kampung) dan api sedanh (utk ayam potong).
  6. Ungkep hingga air mengering.
  7. Siapkan penjepit bakaran. Bisa bakar di atas kompor demgan api sangat kecil…atau pakai arang…pakai teflon juga bisa…
  8. Panggang ayam sambil di olesi bumbu sisa ungkep tadi dengan mentega. bakar sampai kegosong2 an.
  9. Siap di hidangkan bersama nasi sambal & lalapan.😊

Kali ini, resep ayam bumbu kecap bakal jadi langkah awal kamu supaya bisa sama-sama jadi jagoan masak bersamaku! Niat awal memasak ayam kecap ini sih karena ingin menyenangkan teman-teman yang main ke rumah. Semacam unjuk gigi kalau aku sekarang sudah mulai bisa memasak. Anda bisa mencoba membuat ayam bakar kecap pedas manis. Ayam yang dibakar akan kering namun tetap memiliki cita rasa yang lembut.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam Bakar Kecap Mentega yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved