Langkah Mudah untuk Membuat Currypuff / Karipap pusing / Pastel lapis / Pastel singapura yang Enak

Zachary Clark   25/08/2020 15:58

Currypuff / Karipap pusing / Pastel lapis / Pastel singapura
Currypuff / Karipap pusing / Pastel lapis / Pastel singapura

Sedang mencari ide resep currypuff / karipap pusing / pastel lapis / pastel singapura yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal currypuff / karipap pusing / pastel lapis / pastel singapura yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

In Indonesia, a curry puff is known as a pastel, although it does not necessarily contain any curry powder. In Malaysia, curry puffs are commonly known as karipap and sold freshly fried at many Malay, Chinese and Indian food stalls and even at trendy cafes. Resep tips dan trik cara buat karipap pusing dapat juga dilihat pada blog sobat dapur link dibawah ini : https Kenapa saya bilang curry puff pastry karena pada dasarnya adonan yang dibuat mirip adonan pastry, berlapis-lapis.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari currypuff / karipap pusing / pastel lapis / pastel singapura, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan currypuff / karipap pusing / pastel lapis / pastel singapura yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah currypuff / karipap pusing / pastel lapis / pastel singapura yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Currypuff / Karipap pusing / Pastel lapis / Pastel singapura memakai 25 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Currypuff / Karipap pusing / Pastel lapis / Pastel singapura:
  1. Siapkan Adonan Kulit A
  2. Gunakan 50 gram mentega putih
  3. Sediakan 25 grm margarine
  4. Sediakan 150 grm tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
  5. Sediakan Bahan adonan B:
  6. Ambil 350 grm tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
  7. Sediakan 25 grm margarine
  8. Sediakan 1/2 sdt garam
  9. Ambil 1 sdt gula pasir
  10. Gunakan 50 ml-80 ml minyak goreng
  11. Ambil 150 ml air (tuang sedikit-sedikit)
  12. Siapkan Bahan Isian
  13. Ambil 200 gr daging ayam
  14. Ambil 100 gr wortel potong dadu kecil
  15. Ambil 100 gr buncis potong kecil (bisa di ganti dg kacang polong)
  16. Ambil 100 gr jagung manis pipil rebus
  17. Sediakan 1 buah bawang bombay cincang kecil
  18. Siapkan 2 siung bawang putih
  19. Siapkan 4 buah bawang merah
  20. Gunakan 1 sdt garam
  21. Ambil 1 sdt lada bubuk
  22. Ambil 1 sdt kaldu jamur bubuk
  23. Ambil 2 sdt gula pasir
  24. Gunakan 3 sdt bubuk kari instan (saya kurangi, agar terasa samar-samar saja karinya)
  25. Ambil secukupnya Air

Spiral Curry Puffs, also known as Karipap Pusing (螺旋咖喱角) are a tasty and favourite Asian snack especially in Malaysia and Singapore. They are quite similar to the western puff or pies except that for this curry puff, it is filled with spicy, sweet and savoury potato. Karipap Pusing, demikian teman-teman di Malaysia sering menyebutnya. Ini jenis lain dari pastry Asia dengan kulit renyah berlapis-lapis membentuk motif pusar di tengah.

Langkah-langkah membuat Currypuff / Karipap pusing / Pastel lapis / Pastel singapura:
  1. Campur bahan A sampai tercampur rata uleni ringan sampai kalis, bulatkan dan bagi menjadi 4 (saya bagi mnjadi 6 ber-eksperimen hehe) tutup sisihkan
  2. Campur bahan B uleni sampai kalis (masukkan air sedikit-sedikit sampai cukup kalis dan bisa d pulung) bulatkan dan bagi menjadi 4 (saya bagi menjadi 6) tutup diamkan minimal 30-60 mnt (saya coba sebagian 60 menit dan sisanya 24 jam di simpan di lemari es)
  3. Ambil 1 bagian adonan B gilas (jgn terlalu tipis) letakkan 1 bagian adonan A diatasnya tutup rapat bulatkan dan lakukan hal yg sama untuk adonan lainnya.
  4. Gilas tipis adonan perlahan, hati-hati jgn sampai robek ya, lipat gilas lg terus lalu gulung (saya lakukan 2-3 kali)
  5. Iris menjadi 3 bagian jika untuk yang bentuk pastel kurleb 2,5 cm, jika bentuk bulat iris menjadi 6 (yang kefoto cuma 4)
  6. Gilas tipis irisan adonan bulat, balikkan lalu isi dgn isian tutup rapatkan dicubit-cubit bagian tepinya seperti renda, kemudian goreng dengan minyak banyak dan api kecil, tiriskan dan siap disajikan
  7. Isian : haluskan bawang merah. bawang putih, kemudian tumis hingga harum tambahkan bawang bombai, masukkan ayam, masak hingga matang, tambahkan sayuran, bumbui dg garam, gula, merica, kaldu jamur, bubuk kari, tambahkan sedikit air, masak sampai matang & air susut dan siap di gunakan

Easy potato spiral curry puff filled with aromatic potato and chicken filling. You can choose to deep fry or bake the curry puff for a healthier version. Easy step-by-step on how to create the spiral patterns. Spiral Curry Puffs (Karipap Pusing 螺旋咖喱角) Spiral curry puffs is a popular Asian snack. karipap pusing Terlaksana juga membuat karipap lapis / karipap pusing ini.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat currypuff / karipap pusing / pastel lapis / pastel singapura yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved