Resep Ikan tongkol sambal goreng, Bisa Manjain Lidah

Josie Harvey   14/07/2020 23:24

Ikan tongkol sambal goreng
Ikan tongkol sambal goreng

Anda sedang mencari inspirasi resep ikan tongkol sambal goreng yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan tongkol sambal goreng yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

ke pasar liat ikan tongkol putih besar segar banget, jadi pengen masak sambal goreng santan. kalau lihat resep yg ada, p wah bumbu nya lengkap banget. yoda buat bumbu yg sederhana aja, yg selalu siap sedia seperti utk sambal. tapi enak juga kok, asin gurih, pedas rasanya nano" 😅😅 ikan tongkol yang sudah direbus, goreng sebentar suir kecil, daun jeruk purut, air asam, bawang merah, iris tipis, cabe rawit, cabe merah besar, jahe, bawang merah Nungky Wijaya Sambal ikan tongkol Cara Membuat Ikan Tongkol Goreng Bumbu Sambal Matah Khas Bali: Setelah ikan didiamkan pada waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Kita akan letakan wajan dan tuangkan minyak goreng kedalam wajan yang telah dipersiapkan sedikit saja dan tunggu hingga minyak panas. Setelah minyak panas, goreng ikan tongkol hingga matang dan berwarna keemasan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan tongkol sambal goreng, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ikan tongkol sambal goreng enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ikan tongkol sambal goreng yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ikan tongkol sambal goreng memakai 15 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ikan tongkol sambal goreng:
  1. Gunakan 6 potong ikan tongkol
  2. Ambil 10 buah cabai merah
  3. Sediakan 8 buah cabai rawit merah (optional ya bagi yg suka pedas)
  4. Siapkan 2 siung bawang putih
  5. Siapkan 2 siung bawang merah
  6. Siapkan 2 ruas lengkuas (digeprek saja)
  7. Siapkan 3 batang sereh (digeprek saja juga)
  8. Gunakan 3 lembar daun salam
  9. Gunakan 1 sdt garam
  10. Sediakan 1 sdt gula
  11. Sediakan 1 sdt masako (saya pakai yg rasa sapi)
  12. Siapkan 1/2 buah jeruk nipis
  13. Gunakan 1 buah tomat merah
  14. Siapkan secukupnya Minyak goreng
  15. Ambil 1/2 gelas air matang

Sambal ikan tongkol yang pedas ini bukan hanya lezat saja, tapi juga mengenyangkan. Bahannya murah dan dijamin Anda pasti ketagihan! Gunakan tongkol yang dipotong-potong atau disuwir-suwir, sesuaikan saja dengan selera, ya. Akhir sekali pagi tadi, saya memasak Sambal Ikan Tongkol, lauk orang Terengganu yang dimakan bersama nasi lemak.

Langkah-langkah membuat Ikan tongkol sambal goreng:
  1. Saya beli ikan tongkol jadi yg sudah matang kukus dan dibelah jadi hanya tinggal di cuci dan digoreng jgn terlalu lama. Bagi yg beli dalam kondisi segar akan lebih enak pasti rasanya.
  2. Haluskan bumbu (cabai merah, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, garam) lengkuas dan sereh cukup digeprek saja ya. Saya ulek sendiri, karna sambal yg diulek sendiri rasanya jauh lebih enak dibanding hasil blender, percaya deh.
  3. Gunakan minyak goreng bekas menggoreng ikan tadi untuk menumis bumbu halus beserta sereh dan lengkuas yg sudah digeprek. Masukkan tomat iris dan tunggu sampai harum lalu masukkan air matang setengah gelas, dan perasan air jeruk nipis dan daun salam. Aduk hingga berkurang airnya dan sambal menjadi kental. Beri masako dan gula. Setelah matang, campurkan ikan dan aduk aduk agar meresap sambalnya. Angkat dan ikan tongkol pedas siap dihidangkan.

Saya pertama kali makan sambal ikan tongkol semasa balik kampung di mana Wahidah, isteri anak saudara saya yang berasal dari Terengganu telah memasaknya untuk dimakan dengan nasi lemak. Bagi mereka yang tak gemar ikan tongkol, boleh ganti dengan ikan lain atau udang, mat rasa ayam juga sesuai. Ni kira lauk yang begitu ringkas dan cepat. Hari ni nak share resipi sambal tumis ikan tongkol. SajianSedap.com - Menyantap ikan goreng paling nikmat bersama sambal.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ikan tongkol sambal goreng yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved