Resep Balado Tongkol Bumbu Rempah yang Bikin Ngiler

Hettie Dean   14/10/2020 15:47

Balado Tongkol Bumbu Rempah
Balado Tongkol Bumbu Rempah

Sedang mencari inspirasi resep balado tongkol bumbu rempah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal balado tongkol bumbu rempah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari balado tongkol bumbu rempah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan balado tongkol bumbu rempah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Ceritanya suami emang doyan banget makan ikan, liat isi kulkas ternyata masih punya stock ikan tongkol asap. Langsung deh cus pergi ke dapur buat memasak riaaaa๐Ÿ˜. Doi suka banget kalo dimasakin balado ikan tongkol bumbu rempah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan balado tongkol bumbu rempah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Balado Tongkol Bumbu Rempah menggunakan 9 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Balado Tongkol Bumbu Rempah:
  1. Sediakan 4 ekor Ikan Tongkol Asap
  2. Ambil 5 butir Bawang Merah
  3. Siapkan 3 butir Bawang Putih
  4. Sediakan 7 butir Cabe Rawit Merah
  5. Ambil 1 buah Tomat
  6. Gunakan 2 butir Kemiri
  7. Siapkan 1 Rimpang Jahe
  8. Ambil 1 Rimpang Kunyit
  9. Gunakan secukupnya Garam dan gula pasir

Bukan hanya ikan segar, ikan pindang pun cocok dan super lezat diolah jadi sajian ini. Namun ada juga yang mengolahnya menjadi sarden, dimasak cabai hijau, balado dan banyak lainnya. Selain itu tongkol juga cocok dipadukan dengan campuran bahan lain seperti tahu dan juga tempe. Dengan perpaduan bumbu dapur dan rempah-rempah yang pas, pastinya akan menghasilkan hidangan yang sederhana dan bikin nagih..

Cara membuat Balado Tongkol Bumbu Rempah:
  1. Potong ikan tongkol menjadi 3 bagian
  2. Siram dengan air panas kemudian tiriskan
  3. Goreng ikan tongkol
  4. Langkah selanjutnya adalah buat bumbu rempahnya. Siapkan bawang merah, bamput, jahe, kunyit, kemiri, tomat, cabe rawit merah diuleg sampai halus. Kemudian tumis bumbu hingga matang.
  5. Setelah bumbu ditumis hingga matang, (ciri-ciri bumbu matang ketika minyak terpisah dari bumbu dan aromanya harum) kemudian masukan ikan tongkol yang sudah digoreng. Lalu aduk-aduk hingga tercampur dengan bumbu rempahnya. Kemudian masukan air, gula dan garam secukupnya
  6. Balado ikan tongkol bumbu rempah siap disajikan

Pada dasarnya, balado yang asli Minang hanya memakai bumbu sederhana seperti cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang putih, dan bawang merah. Namun jika anda penggemar rempah seperti saya, tak ada salahnya menambahkan aneka bumbu dan rempah demi memperkaya rasa balado. Setelah minyak panas, silahkan tumis bumbu balado yang telah dihaluskan hingga tercium bau harum yang sedap. Lalu tambahkan garam, gula dan bumbu penyedap kedalam tumisan bumbu lalu aduk-aduk merata. Masukkan ikan tongkol kedalamnya dan aduk-aduk merata sampai bumbu meresap pada ikan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Balado Tongkol Bumbu Rempah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved