Cara Gampang Membuat Sambal Goreng Terung Asam (terung dayak)+Ikan Tongkol Salai Anti Gagal

Russell Ward   02/08/2020 09:07

Sambal Goreng Terung Asam (terung dayak)+Ikan Tongkol Salai
Sambal Goreng Terung Asam (terung dayak)+Ikan Tongkol Salai

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal goreng terung asam (terung dayak)+ikan tongkol salai yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal goreng terung asam (terung dayak)+ikan tongkol salai yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Sambal Goreng Terung Asam (terung dayak)+Ikan Tongkol Salai enak lainnya. Ikan tongkol dibelah dua, kemudian dibersihkan dan kerat pada beberapa bahagian pada saiz sederhana. Panggang atau salai hingga masak, gunakan api kecil.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal goreng terung asam (terung dayak)+ikan tongkol salai, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sambal goreng terung asam (terung dayak)+ikan tongkol salai enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sambal goreng terung asam (terung dayak)+ikan tongkol salai sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sambal Goreng Terung Asam (terung dayak)+Ikan Tongkol Salai memakai 11 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sambal Goreng Terung Asam (terung dayak)+Ikan Tongkol Salai:
  1. Sediakan 3 buah terung asam (terung dayak)
  2. Ambil 1 ekor ikan salai (ikan asap) tongkol yang beratnya 1 kg
  3. Gunakan 12 buah cabe merah keriting
  4. Siapkan 4 siung bawang putih
  5. Ambil 6 siung bawang merah
  6. Ambil 2 butir kemiri
  7. Siapkan 1 sdt terasi
  8. Gunakan Secukupnya garam
  9. Siapkan Secukupnya gula
  10. Ambil 4 sdm minyak goreng
  11. Siapkan 1000 ml air

Sambal Terung Asam Khas Riau adalah masakan pelengkap yang biasanya disajikan didalam sajian pada saat makan. Makanan yang satu ini paling banyakdigemari sebagai penggoyang lidah pada saat makan karena rasanya yang enak dan lezat, sehingga tak heran jika banyak yang menggemari kuliner yang satu ini. sayur terung asam/ terung iban (hiris) ikan tongkol salai (ikan salai lain pun boleh) bawang merah- dihiris bawang putih- cincang cili padi-ikut suka sedikit belacan bahan perasa dan garam air secukupnya caranya. pasang api untuk memasak ambil periuk masukkan air campak semua sekali kecuali bahan perasa dan ikan salai biarkan mendidih. Sesuai dengan namanya, sambal ini dibuat dari ikan tongkol yang dipotong-potong dan di bakar layaknya sate. Sambal ikan tongkol ini dapat langsung dimakan tanpa menggunakan nasi ataupun makanan yang lainnya, karena ikan tongkol saja cukup untuk menjadi santapan.

Cara membuat Sambal Goreng Terung Asam (terung dayak)+Ikan Tongkol Salai:
  1. Kupas,potong tipis,dan remas-remas terung asam sampai bijinya terlepas dalam mangkuk yang berisi 500 ml air,Tiriskan.air dan bijinya dibuang.
  2. Suwir-suwir ikan tongkol salai,buang tulangnya.sisihkan.
  3. Haluskan cabe,bawang putih,bawang merah,kemiri,dan terasi.
  4. Panaskan minyak,lalu tumis bumbu halus hingga harum dan minyak naik ke atas.
  5. Masukkan ikan salai dan terung asam,tuang sisa air.
  6. Masak hingga air menyusut sambil sesekali diaduk,tambahkan gula dan garam (tes rasa)
  7. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat…

Tumiskan cili kisar sehingga garing dan kemudian masukkan bawang kecil dan bawang putih hingga garing. Masukkan air asam garam, jawa, garam dan gula secukup rasa. Kalau yang ini, buat siang tadi. Kalau guna ikan kembong bes juga, tapi ada permintaan kat rumah nak sambal ikan selar kuning. Cuma ikan tu anda jangan goreng garing sangat, nanti keras.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal Goreng Terung Asam (terung dayak)+Ikan Tongkol Salai yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved