Resep Tongkol dan Lele Asap Bumbu Lodeh, Bikin Ngiler

Alvin Ramirez   24/11/2020 05:03

Tongkol dan Lele Asap Bumbu Lodeh
Tongkol dan Lele Asap Bumbu Lodeh

Anda sedang mencari inspirasi resep tongkol dan lele asap bumbu lodeh yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol dan lele asap bumbu lodeh yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Lodeh Tongkol Pedas enak lainnya. Ini bumbu lodehnya pake bumbunya mangut lele sebenernya 😄 soalnya saya suka kuahnya mangut. Harum laos dan kencurnya itu segerrrrrr 👍 cuman emang beda sih kalo isiannya nggak pake ikan lele atau ikan pe.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol dan lele asap bumbu lodeh, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan tongkol dan lele asap bumbu lodeh yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat tongkol dan lele asap bumbu lodeh sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Tongkol dan Lele Asap Bumbu Lodeh menggunakan 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Tongkol dan Lele Asap Bumbu Lodeh:
  1. Sediakan 1 ekor tongkol asap, potong "lalu goreng setengah matang
  2. Siapkan 3 buah ikan pari asap
  3. Ambil 1 papan kecil tempe semangit
  4. Sediakan 2 buah cabe hijau, potong "
  5. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  6. Siapkan 6 buah cabe rawit utuh
  7. Siapkan 2 lembar daun salam
  8. Siapkan Secukupnya gula pasir, garam dan kaldu bubuk
  9. Ambil 600 ml santan
  10. Sediakan 💞Bumbu halus
  11. Gunakan 2 buah cabe merah
  12. Gunakan 4 siung bawang putih
  13. Sediakan 6 siung bawang merah
  14. Gunakan 1 sdt ketumbar butiran
  15. Ambil 1 ruas lengkuas
  16. Sediakan 1/2 ruas kencur
  17. Ambil 3 butir kemiri goreng

Cara Memasak Sayur Lodeh Jawa yang Sederhana dan Enak Cara Menyiapkan Bahan dan Membuat Bumbu. Kupas labu siam dan terong, lalu potong dengan bentuk dadu. Potong-potong jagung manis menjadi beberapa bagian dan iris tomat yang telah disiapkan. Setelah matang angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Cara menyiapkan Tongkol dan Lele Asap Bumbu Lodeh:
  1. Siapkan semua bahan. Haluskan bumbu halus, lalu tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun salam, daun jeruk tumis sampai matang.
  2. Tambahkan santan tunggu sampai mendidih masukan tempe semangit yg sudah dipotong 2, ikan tongkol goreng, lele asap, cabe ijo dan cabe rawit aduk rata.
  3. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, aduk rata masak sasak sampai matang, jangan lupa tes rasa, bila sudah pas matikan api.
  4. Tongkol dan Lele Asap Bumbu Lodeh siap dihidangkan.
  5. Bikin nambah nasi.

Itulah resep dan cara memasak sayur lodeh bumbu kuning yang gurih dan sederhana. Selamat mencoba dan bagikan resep ini kepada orang-orang terdekat anda. Tuangkan air dengan takaran seperti yang sudah ditentukan pada panci. Lalu rebus air bersama dengan bumbu halus hingga air mendidih. Masukan lengkuas yang sudah digeprek dan daun salam yang sebelumnya sudah dicuci sampai bersih.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat tongkol dan lele asap bumbu lodeh yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved