Langkah Mudah untuk Menyiapkan Mangut Tongkol Asap Anti Gagal

Vera Hardy   19/08/2020 08:21

Mangut Tongkol Asap
Mangut Tongkol Asap

Sedang mencari inspirasi resep mangut tongkol asap yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut tongkol asap yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut tongkol asap, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan mangut tongkol asap yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Mangut tongkol asap enak lainnya. Edisi pengen banget makan mangut ikan asap. Berhubung disini belum nemu ikan pari asap, belinya ikan tongkol (boleh diganti ikan jenis lain.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut tongkol asap yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut Tongkol Asap menggunakan 20 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Mangut Tongkol Asap:
  1. Sediakan 1 ekor Ikan Tongkol Asap (bagi menjadi 4 bagian)
  2. Ambil 5 buah Tahu Pong
  3. Sediakan 3 buah Cabe Rawit
  4. Ambil 2 lembar Daun Salam
  5. Gunakan 2 lembar Daun Jeruk
  6. Ambil 1 buah Tomat Merah
  7. Sediakan 1 batang Sereh, geprek
  8. Ambil 1 ruas Laos, geprek
  9. Ambil 1 sdt Garam
  10. Sediakan 1/2 sdm Gula Pasir
  11. Sediakan 600 ml Air
  12. Sediakan 65 ml Santan Instan
  13. Ambil Secukupnya Minyak Goreng
  14. Ambil Bumbu Halus:
  15. Gunakan 6 siung Bawang Merah
  16. Gunakan 3 siung Bawang Putih
  17. Ambil 3 buah Cabe Merah Besar
  18. Gunakan 2 butir Kemiri, sangrai
  19. Gunakan 2 ruas Kunyit
  20. Gunakan 1 ruas Kencur

Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah. Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair. Buatnya juga gampang, yang penting pakai kencur". Hmm, membayangkan ikan pari asap bergelimang bumbu mangut dan santan kental sepertinya lezat sekali.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Tongkol Asap:
  1. Siapkan semua bahan yang sudah dicuci bersih. Blender bumbu halus, sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan tongkol asap sebentar saja. Angkat, tiriskan.
  3. Tuang bumbu halus ke dalam minyak untuk menggoreng ikan tadi. Masukkan sereh, daun jeruk, daun salam, dan laos. Tumis hingga harum. Masukkan ikan, aduk rata.
  4. Tuang air, masukkan tahu pong, aduk rata. Tunggu hingga mendidih. Beri santan, garam, dan gula pasir. Aduk rata lalu tes rasa.
  5. Terakhir, masukkan tomat dan cabe rawit. Aduk sesekali agar santan tidak pecah. Masak hingga kuah sedikit menyusut, mengental dan bumbu meresap. Matikan api.
  6. Mangut Tongkol Asap pun siap disajikan ♥️♥️.

Berbekal resep mangut dari si Mbak penjual ikan sayapun bereksperimen di dapur. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Hello mom,, selamat datang di situs resep masakan ini. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Mangut tongkol asap.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut tongkol asap yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved