Langkah Mudah untuk Membuat Udang Saus Padang yang Bisa Manjain Lidah

Lettie Dixon   24/10/2020 16:51

Udang Saus Padang
Udang Saus Padang

Sedang mencari inspirasi resep udang saus padang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal udang saus padang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Udang Saos Padang enak lainnya. Udang Saos Padang - Shrimp with Sweet and Sour Chili Sauce. Enter Dedy from Dentist Chef, a food blogger friend who has a trove of incredibly delicious dishes that make my mouth waters every time I visit his blog.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari udang saus padang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan udang saus padang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat udang saus padang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Udang Saus Padang menggunakan 18 bahan dan 1 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Udang Saus Padang:
  1. Siapkan 500 gram udang jerbung atau kerang hijau, cuci bersih (untuk udang bersihkan punggung dan potong sungutnya), goreng setengah matang dan tiriskan
  2. Siapkan 1/2 buah bawang bombay, iris tipis (saya skip hari ini)
  3. Siapkan Seruas ibu jari jahe, memarkan
  4. Siapkan Optional: Cabai rawit, iris serong
  5. Sediakan 5 sdm saus tomat
  6. Ambil 3 sdm saus sambal
  7. Ambil 1 sdm saus tiram
  8. Gunakan secukupnya Garam dan merica
  9. Ambil 1 sdm gula pasir
  10. Gunakan 100 mL air atau kaldu
  11. Gunakan 1 batang daun bawang, iris tipis
  12. Ambil 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  13. Gunakan Bumbu halus:
  14. Sediakan 5 siung bawang putih
  15. Siapkan 3 butir bawang merah
  16. Ambil 2 buah cabai merah besar
  17. Ambil 4 buah cabai rawit merah
  18. Ambil (Jumlah cabai selera yah)

Resep Udang Saus Padang - Happy banget rasanya kalau nemu udang segar yang dijual di pasar. Suka khilaf ngeborong untuk stok di kulkas. Karena memang keluarga doyan banget sama seafood yang satu ini. Selain enak di rebus gitu saja lalu cocol sambal pedas, dibikin Udang Goreng Tepung, Udang Pedas Saus Tiram, Udang Bakar Madu, Bakwan Jagung Udang, Fuyunghai, dan Lumpia Udang, udang paling.

Cara membuat Udang Saus Padang:
  1. – Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu halus, bawang bombay dan jahe hingga harum. Tambahkan optional irisan cabai. - – Masukkan saus tomat, saus sambal dan saus tiram. - – Tambahkan udang dan aduk rata. - – Tuang kaldu/air. Tutup dan didihkan. - – Bumbuhi dengan gula, garam dan merica secukupnya. - – Masak hingga matang. - – Terakhir tambahkan daun bawang dan air jeruk nipis. Aduk rata dan matikan api. - – Sajikan.

Saus padang adalah salah satu saus yang cukup populer di Indonesia. Bahkan di penjuru dunia, saus ini pun banyak dicari karena rasanya yang sedap dan cocok disantap bersama berbagai menu. Utamanya seafood seperti udang, pasti mantap saat disiram saus padang yang kaya rempah. Membuat resep udang saus padang sendiri ternyata tidak terlalu susah, kok. Udang sendiri merupakan salah satu bahan masakan yang banyak diolah menjadi beragam masakan mulai dari udang goreng, rempeyek udang, pepes udang, udang saus tiram dan lain sebagainya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Udang Saus Padang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved