Resep Tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang), Sempurna

Martha Hampton   21/10/2020 04:42

Tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang)
Tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang)

Anda sedang mencari ide resep tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang). Aq suka banget sambel bongkot,jdi nmbah selera mkn. Sambel bongkot atau sambel kecombrang atau kalau orang sunda menyebutnya honje, adalah salah satu sambal khas dari Bali.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang) memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang):
  1. Gunakan 1 ekor tongkol asap
  2. Ambil 2 batang bongkot
  3. Ambil 2 buah cabe besar
  4. Ambil 8 buah cabe rawit,aq ska pedes
  5. Sediakan 3 siung bawang merah
  6. Sediakan 2 siung bawang putih
  7. Siapkan Jehe,kunyit
  8. Sediakan Daun jeruk
  9. Siapkan 1 buah tomat
  10. Siapkan Minyak untuk menumis agak banyak
  11. Ambil Garam,gula pasir
  12. Siapkan Penyedap.aq lbh suka sasa

Lihat juga resep Sambal Honje (Kecombrang) enak lainnya. Nama bongkot sendiri diambil dari nama bunga kecombrang. Sambal ini terbuat dari bunga kecombrang yang diiris tipis-tipis dan dicampur dengan cabai rawit dan bawang, enaknya sambal ini sambil ditemani oleh lauk ayam atau ikan. Kecombrang, kantan, atau honje adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.

Cara menyiapkan Tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang):
  1. Cuci tongkol pk air anget,terus suir2 halus buang durinya
  2. Kupas bongkot sampe tersisa ares(batang dlm yg lembut)iris tipis2 terus remas pke garam sebentar.terus bilas dn tiriskan
  3. Ulek smua bumbu smp halus
  4. Tumis bumbu sampe harum,masukan daun jeruk tongkol,orakarek sebentar,terus kash penyedap,gula dan sdkt air biar bumbu larut. Baru masukan bongkot orak arik lagi sampe layu&bumbu meresap
  5. Note:pke air sedikit cma buat nglarutin bumbu.

Nama lainnya adalah kincung (), bungong kala (), bunga rias (), asam cekala (), kumbang sekala (, sambuang serta lucu (). Di Bali disebut kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot. Nama bongkot sendiri diambil dari nama bunga kecombrang. Sambal ini terbuat dari bunga kecombrang yang diiris tipis-tipis dan dicampur dengan cabai rawit dan bawang, enaknya sambal ini sambil ditemani oleh lauk ayam atau ikan. Makanan Khas Bali akan memanjakan lidah anda dengan cita rasa khas Daerah Bali.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Tongkol asap sambel bongkot(pohon kecombrang) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved