Bagaimana Membuat Ngohiong ikan, Bikin Ngiler

Trevor Jennings   14/08/2020 09:28

Ngohiong ikan
Ngohiong ikan

Sedang mencari ide resep ngohiong ikan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ngohiong ikan yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ngohiong Ikan gabus. ikan gabus giling, bawang putih, bawang merah pakistan, bumbu ngohiang, kucai atau lebih boleh, sagu, saos tiram, minyak wijen Ellen Liana. Lihat juga resep Kekian ikan-udang/Ngohiong enak lainnya! Lihat juga resep Kekian ikan-udang/Ngohiong enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ngohiong ikan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ngohiong ikan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ngohiong ikan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Ngohiong ikan menggunakan 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ngohiong ikan:
  1. Gunakan 250 gr ikan tenggiri giling
  2. Sediakan bahan isi :
  3. Ambil 5 btr baput
  4. Gunakan 5 btr bamer
  5. Gunakan 2 btr telur
  6. Sediakan 1 btg wortel potong korek api
  7. Sediakan 1 btg daun bawang (me: skip)
  8. Gunakan 3 sdm tepung terigu
  9. Siapkan 2 sdm tepung tapioka
  10. Gunakan 1 sdt ngohiong bubuk
  11. Ambil 2 sdm saos tiram
  12. Ambil 1 sdm minyak wijen
  13. Ambil secukupnya garam, gula, kaldu bubuk, lada bubuk
  14. Sediakan 1 lembar kulit tahu utk membungkus, potong sesuai selera (lap dengan kain bersih)

Ngo hiang (Chinese: 五香; Pe̍h-ōe-jī: ngó͘-hiang), also known as heh gerng (Chinese: 蝦卷; Pe̍h-ōe-jī: hê-kǹg) or lor bak (Chinese: 五香滷肉; Pe̍h-ōe-jī: ngó͘-hiong-ló͘-bah) is a unique Hokkien and Teochew dish widely adopted in Indonesia, Malaysia, the Philippines (where it is known as kikiam, Tagalog pronunciation: [ˈkɪʔkjam]), Singapore, and Thailand; in addition. Ngohiong yang populer dengan sebutan 'five spice powder' merupakan perpaduan rasa dari lima bumbu yang dicampur jadi satu. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum, angkat. Campur bersama udang cincang, ayam cincang, tepung kanji, saus tiram, bumbu ngohiong, garam, gula, dan merica bubuk, aduk rata.

Cara menyiapkan Ngohiong ikan:
  1. Panaskan kukusan dahulu. Campur ikan tenggiri giling dengan bahan isi. Aduk sampai tercampur rata. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk dan lada bubuk.
  2. Jika sudah dicampur semua, ambil potongan kulit tahu, isi dengan bahan isian tadi, bungkus seperti membungkus lumpia(tidak perlu di lem dengan air atw telur, krn akan menyatu sendiri saat dikukus).
  3. Kukus selama +- 30 mnt, jgn lupa tutup kukusan dialasin kain biar air tidak menetes ke ngohiong. Alas kukusan dioles sedikit minyak goreng agar ngohiong tidak lengket. Atur jarak.
  4. Jika sdh matang, matikan api lalu dinginkan sebentar. Bisa lgsg dimakan atw digoreng. Jika ingin digoreng, potong2 dulu biar kulit ny tidak pecah.

Gorengan yang satu ini mirip dengan sosis ikan, karena dibuat dari seafood giling dan ayam. Kadang disebut juga dengan nama kekian, meskipun sebenarnya ngohiong dan kekian adalah dua masakan berbeda. Ngohiong dibungkus dengan kembang tahu, sementara kekian tidak. Ngohiong juga menggunakan five spice yang di Indonesia sering disebut bumbu ngohiong. Salah satunya yaitu ngohiong ayam udang.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ngohiong ikan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved