Cara Gampang Membuat Udang Saus Padang, Bikin Ngiler

Mayme Warner   24/10/2020 09:39

Udang Saus Padang
Udang Saus Padang

Anda sedang mencari ide resep udang saus padang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal udang saus padang yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari udang saus padang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan udang saus padang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Udang Saos Padang enak lainnya. Selalu ga tahan liat udang segar yang dijual di pasar. Jadilah menu special Udang Saus Padang.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah udang saus padang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Udang Saus Padang menggunakan 20 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Udang Saus Padang:
  1. Gunakan 250 gram Udang
  2. Ambil Bumbu Uleg:
  3. Ambil 5 siung bawang merah
  4. Siapkan 3 siung bawang putih
  5. Gunakan 1 iris (2 mm) jahe
  6. Sediakan 1 ruas kecil kunyit
  7. Gunakan 5 buah cabe merah
  8. Siapkan 4 buah cabe rawit
  9. Siapkan Garam
  10. Sediakan Gula
  11. Ambil Bumbu cemplung:
  12. Sediakan 3 lembar daun jeruk
  13. Siapkan 1/2 buah bawang bombay iris panjang
  14. Sediakan 2 batang sereh geprek
  15. Gunakan 3 batang daun bawang merah iris kecil
  16. Siapkan 2 sdt saus tomat
  17. Gunakan 2 sdt saus tiram
  18. Gunakan 1/2 buah nanas iris kecil kecil
  19. Gunakan 1 sdm maizena
  20. Gunakan 1/4 sdt merica bubuk

Resep Udang Saus Padang - Happy banget rasanya kalau nemu udang segar yang dijual di pasar. Suka khilaf ngeborong untuk stok di kulkas. Karena memang keluarga doyan banget sama seafood yang satu ini. Selain enak di rebus gitu saja lalu cocol sambal pedas, dibikin Udang Goreng Tepung, Udang Pedas Saus Tiram, Udang Bakar Madu, Bakwan Jagung Udang, Fuyunghai, dan Lumpia Udang, udang paling.

Cara menyiapkan Udang Saus Padang:
  1. Cuci bersih udang, marinasi dengan garam, merica, jeruk nipis. Kemudian goreng setengah matang. Sisihkan.
  2. Uleg bumbu hingga halus. Dan siapkan bumbu cemplungnya.
  3. Tumis bawang bombay hingga layu, kemudian masukkan bumbu halus. Masukkan daun jeruk, sereh dan tumis hingga harum. Tambahkan air secukupnya.
  4. Masukkan saus tomat dan saus tiram. Koreksi rasa, jika dirasa sudah pas masukkan udang goreng. Tumis sebentar dan sajikan.

Saus padang adalah salah satu saus yang cukup populer di Indonesia. Bahkan di penjuru dunia, saus ini pun banyak dicari karena rasanya yang sedap dan cocok disantap bersama berbagai menu. Utamanya seafood seperti udang, pasti mantap saat disiram saus padang yang kaya rempah. Membuat resep udang saus padang sendiri ternyata tidak terlalu susah, kok. Udang sendiri merupakan salah satu bahan masakan yang banyak diolah menjadi beragam masakan mulai dari udang goreng, rempeyek udang, pepes udang, udang saus tiram dan lain sebagainya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat udang saus padang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved