Bagaimana Membuat Tongkol asap pedas Anti Gagal

Lula Roberts   08/10/2020 01:10

Tongkol asap pedas
Tongkol asap pedas

Anda sedang mencari ide resep tongkol asap pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tongkol asap pedas yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tongkol asap pedas, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan tongkol asap pedas yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Makannya pake nasi panas tambah plecing kangkung sama kerupuk putih yg di warung-warung, aah terbaik! Lihat juga resep Pindang tongkol pedas asam enak lainnya. Resep suwir tongkol pedas Bahan"nya : Pindang tongkol Bumbunya : Bawang merah Bawang putih Cabe kriting merah Cabe rawit Tomat Tak semua sajian ala minang itu bersantan gurih dan berbumbu pekat.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat tongkol asap pedas yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Tongkol asap pedas menggunakan 16 jenis bahan dan 12 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Tongkol asap pedas:
  1. Ambil 4 ikan tongkol
  2. Siapkan Bumbu halus :
  3. Siapkan 7 biji cabai keriting
  4. Sediakan 15 biji cabe rawit (selera)
  5. Siapkan 7 siung bawang merah
  6. Gunakan 3 siung bawang putih
  7. Siapkan Bumbu lainnya :
  8. Siapkan 1 ruas jahe
  9. Sediakan 1 ruas lengkuas
  10. Siapkan 2 batang serai
  11. Ambil 1 lembar daun salam
  12. Siapkan Gula merah
  13. Gunakan Garam
  14. Ambil Lada bubuk
  15. Sediakan Penyedap rasa
  16. Siapkan Minyak untuk menumis

Lihat juga resep Ikan Tongkol Asap (Kuah Santan) enak lainnya. Pampis Ikan Tongkol Super Pedas Tweet.. Pulang dari Pantai Pasir Putih Trenggalek aku beli Cakalang Asap. Jadi inget buat dibikin Pampis Cakalang.

Langkah-langkah menyiapkan Tongkol asap pedas:
  1. Cuci bersih tongkol, kemudian lumuri dengan jeruk nipis/lemon -/+ 15 menit
  2. Bilang lagi dengan air
  3. Pisahkan tongkol dengan durinya Kemudian bakar atau asap asapkan hingga kecoklatan
  4. Jika dirasa sudah matangnya pas suir suir tongkol
  5. Siapkan bumbu yang sudah dihaluskan
  6. Siapkan wajan dan berikan minyak untuk menumis
  7. Tumis bumbu sampai dirasa sedikit kering (airnya hilang), dan tambahkan serai geprek, lengkuas, daun salam, daun jeruk sobek sobek, jahe.
  8. Tambahkan gula merah, garam, lada bubuk, penyedap rasa sambil koreksi rasa
  9. Setelah dirasa air dalam wajan sudah habis masukkan tongkol suir dan aduk hingga merata
  10. Setelah itu berikan sedikit air supaya bumbu meresap
  11. Terakhir tambahkan kemangi aduk rata
  12. Siap dihidangkan

Ini kali kedua aku bikin pampis. Buat aku yang g suka ikan rasanya masih amis. Sebetulnya, lauk seperti Asam Pedas, dimakan selepas sehari lagi sedap dan berasa. Kalau di restoran Melaka, diasingkan kuah dan ikan. Ketika hendak dihidangkan, baru diletak ikan sebab tak mahu ikan yang lembut menjadi hancur.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Tongkol asap pedas yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved