Resep Udang Saus Padang yang Lezat

Cole Morales   19/11/2020 04:03

Udang Saus Padang
Udang Saus Padang

Lagi mencari inspirasi resep udang saus padang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal udang saus padang yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari udang saus padang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan udang saus padang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Udang Saos Padang enak lainnya. Udang Saos Padang - Shrimp with Sweet and Sour Chili Sauce. Enter Dedy from Dentist Chef, a food blogger friend who has a trove of incredibly delicious dishes that make my mouth waters every time I visit his blog.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan udang saus padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Udang Saus Padang memakai 16 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Udang Saus Padang:
  1. Gunakan 250 gr udang kupas (kulit dibuat kaldu)
  2. Siapkan 2 siung bawang putih iris tipis
  3. Gunakan 3 siung bawang merah iris tipis
  4. Gunakan 1/2 buah bawang bombay iris2
  5. Sediakan 2 batang bawang pre/daun bawang potong2
  6. Gunakan 1 sdm saus tiram
  7. Gunakan 3 sdm saus sambal
  8. Ambil 3 sdm saus tomat
  9. Siapkan 1 sdt garam
  10. Gunakan 1 sdt kaldu jamur
  11. Siapkan 3 lembar daun jeruk
  12. Siapkan 200 ml kaldu udang (dr rebusan kulit dan kepala udang yg sudah disangrai)
  13. Ambil Bumbu halus
  14. Sediakan 2 siung bawang putih
  15. Siapkan 3 siung bawang merah
  16. Sediakan 3 buah cabe merah keriting

Resep Udang Saus Padang - Happy banget rasanya kalau nemu udang segar yang dijual di pasar. Suka khilaf ngeborong untuk stok di kulkas. Karena memang keluarga doyan banget sama seafood yang satu ini. Selain enak di rebus gitu saja lalu cocol sambal pedas, dibikin Udang Goreng Tepung, Udang Pedas Saus Tiram, Udang Bakar Madu, Bakwan Jagung Udang, Fuyunghai, dan Lumpia Udang, udang paling.

Langkah-langkah membuat Udang Saus Padang:
  1. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan bumbu iris (bawang merah, bawang putih) dan daun jeruk. Tumis hingga harum
  2. Masukkan udang, tumis setengah matang, tambahkan saus sambal, saus tomat saus tiram, garam, merica, kaldu jamur. Tuangi kaldu udang. Masak hingga matang, cicipi
  3. Jika rasa sudah oke, tambahkan bawang pre/daun bawang

Saus padang adalah salah satu saus yang cukup populer di Indonesia. Bahkan di penjuru dunia, saus ini pun banyak dicari karena rasanya yang sedap dan cocok disantap bersama berbagai menu. Utamanya seafood seperti udang, pasti mantap saat disiram saus padang yang kaya rempah. Membuat resep udang saus padang sendiri ternyata tidak terlalu susah, kok. Udang sendiri merupakan salah satu bahan masakan yang banyak diolah menjadi beragam masakan mulai dari udang goreng, rempeyek udang, pepes udang, udang saus tiram dan lain sebagainya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat udang saus padang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved