Resep Salome Bumbu Kacang (Lombok), Lezat Sekali

Genevieve Holland   16/06/2020 10:30

Salome Bumbu Kacang (Lombok)
Salome Bumbu Kacang (Lombok)

Lagi mencari ide resep salome bumbu kacang (lombok) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal salome bumbu kacang (lombok) yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Kembali lagi di channel Dewi Wuryanti, kembali saya akan membagikan resep yang mudah dan sangat digemari. Bumbu kacang, saus kacang, kuah kacang (jika encer), sambal kacang (jika ditambahi cabai hingga pedas), atau bumbu pecel adalah semacam saus berbumbu berbahan kacang tanah goreng yang digiling dan dihaluskan. Cara membuat bumbu kacang: foto: Instagram/@nadia_jnn.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari salome bumbu kacang (lombok), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan salome bumbu kacang (lombok) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat salome bumbu kacang (lombok) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Salome Bumbu Kacang (Lombok) menggunakan 10 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Salome Bumbu Kacang (Lombok):
  1. Siapkan Tepung terigu
  2. Sediakan secukupnya Garam
  3. Siapkan secukupnya Air
  4. Sediakan Bahan bumbu Kacang
  5. Sediakan Kacang goreng
  6. Gunakan Cabai
  7. Sediakan Bawang putih
  8. Ambil Gula merah
  9. Sediakan Asam Jawa (sedikit) (aku skip)
  10. Sediakan Kecap manis (aku skip)

Cara Memasak Plecing Kangkung - Masakan khas nusantara dari Lombok, Nusa Tenggara Barat yang simple dan praktis namun dapat memberikan Masakan plecing kangkung memiliki cirri khas yang terletak pada bumbu di mana bumbu plecing kangkung memiliki bumbu yang berbeda dengan. Berpadu serasi dengan bumbu kacang dan Bango Kecap Manis Pedas, maka lengkap sudah keseruan camilan sore ini. Membuat saus kacang: Haluskan kacang, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Tambahkan air, gula, garam, dan Bango Kecap Manis Pedas.

Langkah-langkah membuat Salome Bumbu Kacang (Lombok):
  1. Campurkan bahan Salome yakni terigu, sedikit garam dan air secukupnya. Uleni lalu bentuk menjadi bulat sesuai ukuran yang diinginkan.
  2. Panaskan air, jika sudah mendidih maka masukkan Pulungan Salome yang sudah dibentuk bulat ke dalam air mendidih.
  3. Tunggu beberapa saat jika ada yang mengapung artinya Salome sudah matang. Angkat dan tiriskan. Masukkan lagi beberapa pulungan dan lakukan hal yang sama hingga semua adonan matang.
  4. Goreng kacang, kemudian bawang putih dan cabai juga goreng sebentar.
  5. Tumbuk atau blender bahan bumbu kacang yakni kacang goreng, cabai sesuai selera, bawang putih sedikit, sedikit asam Jawa, garam, gula merah sesuai selera. Jika sudah rata tambahkan sedikit air lalu aduk rata.
  6. Jika tidak ada asam Jawa bisa di skip, aku tambahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk menggantinya. Jika mau lebih enak maka bisa ditambahkan dengan kecap manis.
  7. Tes rasa lalu tuang bumbu kacang di atas Salome. Salome siap dinikmati bersama keluarga.

Bumbu sate tersebut terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya sehingga rasanya mirip Bulayak adalah sejenis lontong khas daerah Lombok yang penyajiannya dibungkus dengan janur kelapa atau daun kelapa muda atau daun aren. Masukkan selai kacang, air panas, kecap manis, cabai bubuk, dan air panas ke dalam wadah. Letakkan cilok dalam mangkuk, siram dengan saus kacang. Kuliner Lombok sudah terkenal akan sedapnya. Plecing kangkung sudah jadi menu favorit.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan salome bumbu kacang (lombok) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved