Bagaimana Menyiapkan Mangut Kepala Manyung yang Lezat

Rosalie Schultz   11/11/2020 18:10

Mangut Kepala Manyung
Mangut Kepala Manyung

Anda sedang mencari inspirasi resep mangut kepala manyung yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut kepala manyung yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Jakarta - Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut kepala manyung, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut kepala manyung yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan mangut kepala manyung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Mangut Kepala Manyung memakai 21 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut Kepala Manyung:
  1. Ambil 3 buah kepala manyung cuci bersih
  2. Gunakan 1 papan tempe potong2
  3. Ambil 5 tahu kuning di potong2
  4. Sediakan bumbu :
  5. Sediakan 10 cabe merah keriting iris serong
  6. Sediakan 20 cabe rawit merah iris serong
  7. Siapkan 4 lembar daun jeruk nipis
  8. Ambil 2 lembar daun salam
  9. Ambil 1 buah tomat potong2
  10. Gunakan bumbu halus :
  11. Sediakan 8 siung bwg putih
  12. Sediakan 10 siung bwg merah
  13. Gunakan 1 cm kunyit
  14. Siapkan 2 cm jahe
  15. Sediakan 2 cm kencur
  16. Siapkan 5 butir kemiri
  17. Gunakan secukupnya gula jawa
  18. Gunakan secukupnya garam
  19. Ambil minyak untuk menumis
  20. Gunakan santan dari 1 butir kelapa
  21. Gunakan bawang merah goreng untuk taburan

Karena itulah, buat kamu yang kurang gemar dengan kuliner pedas, bisa kurang-kurangi cabainya. Kepala Ikan Manyung Mangut Bu Fat jadi salah satu makanan legendaris dari Semarang. Kamu bisa saja membuatnya sendiri di rumah. Bersihkan dan potong Ikan Kepala ikannya lembuut, dan itu bumbu yaaa, diolesin merata di kepala Manyung , endeeeus meresap sampai ke dalam-dalam.

Cara menyiapkan Mangut Kepala Manyung:
  1. Tumis semua bumbu kecuali tomat sampai harum
  2. Masukkan gula dan garam tambah kan sedikit air masak sampai gula mencair
  3. Tambah kan santan encer masak sampai mendidih kemudian masukkan kepala manyung dan tempe tahu…masak lagi sampai mendidih
  4. Setelah mendidih tambahkan santan kental dan potongan tomat…masak hingga matang….tes rasa lalu matikan api dan taburi dengan bawang merah goreng
  5. Mangut kepala manyung siap di nikmati dengan nasi hangat…:-D Happy cooking :-D

Jadi pas di hisep, berasa puaaaas banget ;). Aku rada cerewet soal ikan , amis dikit, langsung ga napsu :p. Nah mangut manyung ini, lebih dominan bau daging ikan yang diasapi. Kepala Manyung ini dibikin masakan Mangut. Masakan dengan kuah santan dan cabe yang pedasnya nendang.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut Kepala Manyung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved