Cara Gampang Membuat Martabak Manis Teflon Anti Gagal

Carolyn Hampton   06/08/2020 02:32

Martabak Manis Teflon
Martabak Manis Teflon

Sedang mencari inspirasi resep martabak manis teflon yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal martabak manis teflon yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Dengan begitu, martabak manis bisa menjadi rekomendasi santapan lezat untuk menyelamatkan perut lapar Anda untuk sementara. Bagi yang tertarik, Anda bisa membuat sendiri sajian martabak manis dengan berbagai toping sesuai selera. Tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara membuat martabak manis teflon yang bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari martabak manis teflon, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan martabak manis teflon yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah martabak manis teflon yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Martabak Manis Teflon memakai 14 jenis bahan dan 14 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Martabak Manis Teflon:
  1. Siapkan 13 sdm tepung terigu protein sedang
  2. Siapkan 1 butir telur
  3. Siapkan 3 sdm gula pasir
  4. Sediakan 1 sachet kental manis putih
  5. Ambil 1/4 sdt vanili bubuk
  6. Gunakan 1/4 sdt garam
  7. Siapkan 300 ml air matang
  8. Sediakan 2 x 1/2 sdt soda kue
  9. Sediakan Secukupnya margarin untuk olesan
  10. Sediakan Secukupnya gula pasir untuk taburan
  11. Gunakan Topping (sesuai selera):
  12. Sediakan Meses
  13. Siapkan Keju
  14. Siapkan Coklat chacha

Kita pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Tak ada loyang martabak, panci teflon pun jadi. Dan dengan resep yang tepat, martabak bikinan kita bisa bersarang/berambut, berwarna kuning cantik, dan selegit buatan kedai kaki lima. Martabak teflon coklat manis Anak-anak paling suka makan martabak manis.

Langkah-langkah menyiapkan Martabak Manis Teflon:
  1. Masukkan gula pasir ke dalam wadah. Tambahkan air matang. Aduk hingga gula larut.
  2. Masukkan terigu, aduk hingga rata.
  3. Masukkan kental manis, vanili, dan garam. Aduk hingga tercampur rata kurang lebih selama 3 menit (saya aduk dengan whisk, kadang cuma pakai sendok).
  4. Masukkan telur, aduk adonan kurang lebih selama 5 menit.
  5. Tutup rapat adonan (saya tutup wadahnya dengan plastik/penutup wadah) dan diamkan selama 1 jam.
  6. Setelah 1 jam, buka adonan. Bagi adonan menjadi dua bagian.
  7. Masukkan soda kue ke wadah kecil. Larutkan dengan 1 sdm air matang.
  8. Tuang larutan soda kue ke dalam setengah adonan yang pertama kemudian aduk hingga tercampur rata.
  9. Nyalakan kompor kemudian panaskan teflon. Setelah teflon panas, kecilkan api dan tuang setengah adonan pertama. Goyangkan teflon memutar agar terbentuk pinggiran kulit martabak.
  10. Besarkan api sampai ke sedang hingga muncul sarang (lubang-lubang) pada permukaan martabak.
  11. Setelah sarang muncul di seluruh permukaan martabak, kecilkan api lagi. Taburkan gula pasir di permukaan martabak sesuai selera.
  12. Tutup teflon dan biarkan selama kurang lebih 3 menit agar martabak matang.
  13. Angkat martabak, oleskan margarin kemudian berikan topping sesuai selera.
  14. Ulangi langkah ke 7 - 13 untuk setengah adonan yang kedua.

Daerahku disebut terang bulan. resep ini paling enak, tapi ukuran ketebalannya belum sempurna, karena teflon sy ukurannya besar, ternyata hasilnya gak terlalu tebal. Martabak manis teflon Martabak manis merupakan makanan legendaris yang tidak pernah ketinggalan zaman, dari dahulu singga sekarang martabak manis banyak digermari orang. Martabak manis adalah ciri khas masakan asli dari Indonesia, berbeda dengan pancake martabak manis memiliki tekstur yang kenyal namun lembut. Martabak manis teflon (ada tipsnya) Martabak favourite udh jauh skrg,jadi kalo beli suka ga cocok rasanya. Ini resep dari Devina Hermawan,pas banget ama selera aku,resepnya juga gampang banget.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan martabak manis teflon yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved