Resep Mangut ndas (kepala) manyung, Bisa Manjain Lidah

Myra Price   29/08/2020 05:44

Mangut ndas (kepala) manyung
Mangut ndas (kepala) manyung

Lagi mencari ide resep mangut ndas (kepala) manyung yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ndas (kepala) manyung yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Mangut Ndas Manyung adalah masakan khas daerah Kabupaten Pati dari khas Kecamatan Juwana. Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung (kepala ikan manyung) itu memiliki rasa sangat pedas. Jakarta - Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ndas (kepala) manyung, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut ndas (kepala) manyung yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat mangut ndas (kepala) manyung yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut ndas (kepala) manyung memakai 25 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Mangut ndas (kepala) manyung:
  1. Ambil 6 ptg kepala manyung
  2. Gunakan 1 ltr santan dr 1/2 kelapa
  3. Ambil Bumbu uleg :
  4. Gunakan 9 siung bawang merah
  5. Gunakan 7 siung bawang putih
  6. Gunakan 12 bh cabe galak (sesuai selera)
  7. Siapkan 5 btr kemiri
  8. Siapkan 1/2 sdt ketumbar
  9. Ambil 2 btr kapulaga
  10. Gunakan 1 sdt merica (sesuai selera)
  11. Ambil 1/2 ruas kunyit
  12. Gunakan Sedikit jinten
  13. Gunakan Bumbu pelengkap :
  14. Sediakan 1 bh bunga lawang
  15. Sediakan 1 bh cabe jawa
  16. Gunakan 1 bh sere besar digeprek
  17. Ambil 6 lbr daun jeruk
  18. Siapkan 3 lbr salam
  19. Siapkan Seiris lengkuas digeprek
  20. Sediakan 3 btr cengkeh
  21. Siapkan Sejari kayu manis
  22. Siapkan Seruas jari jahe digeprek
  23. Siapkan 10 bh cabe galak utuh atau menurut selera
  24. Gunakan secukupnya Garam, kaldu bubuk dan gula
  25. Ambil Bawang merah dan putih goreng utk taburan

Jadi Ndas Manyung adalah kuliner yang berasal dari kepala ikan Manyung. Kepala Manyung ini dibikin masakan Mangut. Masakan dengan kuah santan dan cabe yang pedasnya nendang. Rasa dari mangut di Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat ini adalah gurih dan pedas.

Langkah-langkah membuat Mangut ndas (kepala) manyung:
  1. Pilihlah kepala manyung yg besar.. dagingnya banyak.. berhubung adanya yg sedang jadi 6 potong, direbus sebentar saja lalu buang airnya, kemudian sisihkan
  2. Uleg semua bumbu halus lalu di tumis sampai harum setelah itu masukkan bumbu pelengkap dan masak hingga matang agar tidak langu
  3. Kemudian masukkan santan, masak hingga mendidih kemudian beri garam dan gula serta kaldu bubuk
  4. Tes rasa, selanjutnya masukkan kepala manyung masak hingga matang dan meresap, kemudian taburi bawang merah dan putih secukupnya. Tunggu sesaat dgn diaduk berlahan kemudian matikan kompor

Karena itulah, buat kamu yang kurang gemar dengan kuliner pedas, bisa kurang-kurangi cabainya. Di sini, sajian berkuah kuning yang terbuat dari kepala ikan Manyung itu tersaji dalam kuali besi kecil. Ada dua pilihan menu mangut ikan manyung,. Lihat juga resep Mangut Ndas Manyung enak lainnya. Kamu bisa saja membuatnya sendiri di rumah.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Mangut ndas (kepala) manyung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved