Bagaimana Menyiapkan Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang, Bisa Manjain Lidah

Lida Underwood   20/06/2020 00:26

Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang
Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang

Sedang mencari inspirasi resep mangut kepala manyung ala bu fat semarang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut kepala manyung ala bu fat semarang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut kepala manyung ala bu fat semarang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan mangut kepala manyung ala bu fat semarang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays. It is a rich, thick seasoned curry-like dish. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat mangut kepala manyung ala bu fat semarang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang memakai 21 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang:
  1. Siapkan 250 gr kepala manyung asap
  2. Ambil Tahu kulit (boleh skip)
  3. Ambil 3 lembar daun jeruk
  4. Gunakan 3 lembar daun salam
  5. Siapkan 2 cm lengkuas, geprek
  6. Gunakan 1 butir gula merah
  7. Ambil 10 biji cabe rawit merah (makin suka pedes makin banyak)
  8. Ambil Sejumput gula putih
  9. Gunakan secukupnya Kaldu jamur
  10. Siapkan secukupnya Garam
  11. Gunakan Santan secukupnya (makin suka kental makin banyak)
  12. Gunakan Kemangi secukupnya (boleh skip)
  13. Siapkan secukupnya Minyak goreng
  14. Sediakan Bumbu halus :
  15. Siapkan 4 siung bawah putih
  16. Ambil 4 siung bawang merah
  17. Ambil 3 butir kemiri
  18. Siapkan 1 cm kencur
  19. Siapkan 1 cm kunyit
  20. Sediakan sesuai selera Cabe keriting
  21. Ambil sesuai selera Cabe rawit merah

Ikan Manyung sendiri adalah ikan laut yang memiliki bentuk menyerupai ikan. Bekti" yang dicantumkan di bawah tulisan dan logo "Bu Fat" di warung itu. Demikian jelas Winda yang bertugas di kasir yang juga merupakan anak dari Ibu Bekti. Di Semarang, ada satu kuliner mangut yang cukup legendaris, yaitu mangut kepala ikan manyung Warung Bu Fat di Jalan Ariloka, Kelurahan Krobokan, Semarang Barat.

Cara menyiapkan Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang:
  1. Siapkan bahan
  2. Blender atau haluskan bumbu halus
  3. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Tambahkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan cabe utuh. Aduk2 hingga layu.
  4. Masukkan santan. Tambahkan gula merah, gula putih, garam dan kaldu jamur.
  5. Masukkan kepala manyung dan tahu kulit. Siram2 kepala manyung
  6. Koreksi rasa. Masak hingga matang dan meresap.
  7. Masukkan kemangi. Setelah mendidih matikan kompor. Dan siap dinikmati..
  8. Note : resep asli tanpa kemangi.. tapi biar tambah seger coba saya masukin kemangi. Alhamdulillah nikmat.

A photo posted by shinta amalia. Menu tersebut lalu dilombakan di beberapa acara masak tingkat Kota Semarang, dan tidak disangkat mangut pedas ini berhasil membuat para juri luluh dan keluar sebagai pemenang. Kepala Manyung Warung Bu Fat Semarang Kepala Ikan Manyung, Sedap! Di sekitar kepala ikannya minim duri. Beberapa bagiannya terdiri dari tulang lunak.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved