Langkah Mudah untuk Menyiapkan Semur Ayam Bumbu Lengkap Ala Ibuku Anti Gagal

Ella Roberts   24/09/2020 02:03

Semur Ayam Bumbu Lengkap Ala Ibuku
Semur Ayam Bumbu Lengkap Ala Ibuku

Anda sedang mencari ide resep semur ayam bumbu lengkap ala ibuku yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal semur ayam bumbu lengkap ala ibuku yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semur ayam bumbu lengkap ala ibuku, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan semur ayam bumbu lengkap ala ibuku yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Kalau Semur ala Jowo ala ibuku ini cenderung gurih manis legit rasanya.pokoknya Jowo banget lah ya. Ibu biasa memasak semur daging atau semur ayam jika ada acara hajatan di rumah. Di ungkep hingga kuah mengental dengan api kecil hingga bumbu mlekoh menyelimuti bahan yang di semur.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan semur ayam bumbu lengkap ala ibuku sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Semur Ayam Bumbu Lengkap Ala Ibuku memakai 20 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Semur Ayam Bumbu Lengkap Ala Ibuku:
  1. Siapkan 1/2 ekor ayam potong 6, saya pilih bagian paha
  2. Siapkan 3 buah tahu janti ukuran 4*4 potong diagonal lalu goreng
  3. Ambil 2 buah kentang ukuran sedang, potong jadi 4 lalu goreng
  4. Sediakan 3 buah wortel ukuran besar potong serong
  5. Siapkan 2 buah tomat ukuran besar potong jadi 4
  6. Sediakan 1 buah daun selederi
  7. Gunakan 1 buah daun bawang potong serong
  8. Sediakan 2 buah star anise atau bunga lawang
  9. Sediakan 4 cm kayu manis
  10. Sediakan 3 cengkeh
  11. Ambil 4 sdm kecap manis
  12. Gunakan 1 air
  13. Gunakan 3 sdm minyak untuk menumis
  14. Siapkan Bumbu Halus ;
  15. Siapkan 9 bawang merah
  16. Sediakan 7 bawang putih
  17. Siapkan 1/2 sdt pala halus
  18. Gunakan 1 sdt garam
  19. Ambil 1 sdt gula
  20. Siapkan 1/2 sdt merica bubuk

Resep semur cenderung berkuah agak banyak walaupun tidak sebanyak resep sayur pada umumnya. Nah kalau kebetulan lagi malas makan makanan berkyah tetapi tetap ingin mencicipi kelezatan bumbu semur. Semur ayam merupakan salah satu masakan ayam yang diberi bumbu dan kecap. Sajian ini begiru istimewa dan dapat anda.

Cara membuat Semur Ayam Bumbu Lengkap Ala Ibuku:
  1. Panaskan minyak tumis bumbu halus, masak hingga matang dan berubah warna, masukan semua rempah.
  2. Tambahkan kecap dan sebagian tomat aduk rata, masukan ayam, aduk rata. masak hingga ayam tertutup bumbu dan ayam berubah warna.
  3. Tambahkan air, tahu, daun bawang dan sledri, masak hingga ayam 1/2 matang, masukan wortel, sisa tomat dan kentang.
  4. Masak hingga wortel matang koreksi rasanya, matikan api siap disajikan.

Mari coba Ayam Kecap ala Bango, Kawan Kuliner bisa dapatkan resepnya di sini: bit.ly/AyamKecapBango Dapatkan beribu. Haluskan bumbu semur ayam Betawi yang sudah disiapkan tadi. Kemudian tumis dengan sedikit minyak sampai aroma harumnya tercium. Berikutnya masukkan bumbu pelengkap, aduk sampai semua bumbu layu dan mengeluarkan aroma harumnya. Olahan ayam yang lezat adalah semur daging ayam.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat semur ayam bumbu lengkap ala ibuku yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved