Resep Pindang ayam khas Palembang, Enak Banget

Myrtie Guzman   19/08/2020 08:05

Pindang ayam khas Palembang
Pindang ayam khas Palembang

Anda sedang mencari inspirasi resep pindang ayam khas palembang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang ayam khas palembang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Masakan khas Palembang yang bernama pindang ini mudah ditemui di restoran di kota asalnya, biasanya ada pindang ikan, pidang tulang dan pindang ayam. Pindang ayam yang kali ini sy share pindang ayam anti gagal dan tidak menggunakan msg, hihihihi. Lihat juga resep Pindang Tulang Iga Khas Palembang enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang ayam khas palembang, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan pindang ayam khas palembang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pindang ayam khas palembang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Pindang ayam khas Palembang menggunakan 11 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Pindang ayam khas Palembang:
  1. Siapkan 1 kg ayam
  2. Sediakan 1 bh nanas setengah matang
  3. Sediakan 2 ikat daun kemangi
  4. Ambil 2 batang serai / sereh
  5. Sediakan 1 bh terasi
  6. Sediakan 7 siung bawang merah
  7. Sediakan 7 bh cabai merah
  8. Siapkan 50 ml air asam jawa
  9. Ambil 3 sdm kecap manis
  10. Gunakan secukupnya Garam dan gula
  11. Ambil 1 L air

Pindang ini merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Palembang,Sumatera Selatan yang berupa olahan lauk bercitarasa khas. bahan yang dapat dijadikan bahan dasar lauk pindang adalah udang, daging atau ikan yg disajiakan dengan kuah panas asam, manis, pedas mirip tomyam dari Thailand. Di antara jejeran kapal pengangkut penumpang ini, ada beberapa unit kapal yang difungsikan sebagai warung apung, yang. Sajian berkuah khas Palembang ini punya citarasa asam-pedas yang segar dan penggunaan bumbu yang kuat. Agar iga lebih empuk, anda bisa merebusnya dengan panci presto terlebih dulu agar tidak butuh waktu lama saat dimasak.

Cara menyiapkan Pindang ayam khas Palembang:
  1. Bersihkan dan rebus terlebih dahulu ayam sampai empuk
  2. Haluskan bawang merah, cabai merah dan terasi. Geprek kedua batang serai / sereh. Potong-potong buah nanas dan daun kemangi (ambil bagian daun kemangi seperti untuk lalap)
  3. Rebus air sampai mendidih, masukkan ayam bersama dengan bumbu yang dihaluskan & 2 batang serai / sereh. Tambahkan kecap manis, air asam jawa dan garam. Terakhir masukkan kemangi dan nanas. Cicip rasa.. Untuk pecinta pedas ukuran cabai merah bisa ditambahkan.. Selamat mencobaa..

Didihkan air, masukkan semua bumbu kecuali tomat ceri, daun bawang dan kemangi. Sesuaikan rasanya lalu masukkan ikan, tomat ceri dan daun bawang. Dan di Palembang muncullah makanan khas Palembang pindang patin dengan bahan utama pembuatannya berupa ikan dengan rasa gurih segar, dan sangat nikmat disantap ketika hangat. Untuk membuatnya juga tidak hanya patin saja, karena akan ada jahe, bawang merah, bawang putih, kunyit, daun salam, belimbing sayur, dan serai. Pindang merupakan makanan (lauk) khas Palembang Melayu.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat pindang ayam khas palembang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved