Langkah Mudah untuk Membuat Sup ayam ala kampung, Menggugah Selera

Kenneth Silva   04/12/2020 04:12

Sup ayam ala kampung
Sup ayam ala kampung

Lagi mencari inspirasi resep sup ayam ala kampung yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sup ayam ala kampung yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sup ayam ala kampung, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sup ayam ala kampung enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Soup ayam kampung enak lainnya. Sup Ayam Kampung ala rumahan yang lezat pun siap untuk dihidangkan dan dinikmati. Tambahkan sambal terasi atau sambal bajak sesuai selera.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sup ayam ala kampung yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sup ayam ala kampung memakai 11 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sup ayam ala kampung:
  1. Siapkan 1/4 kg dada ayam
  2. Sediakan 4 siung bawang putih
  3. Siapkan 1/2 sachet ladaku
  4. Ambil secukupnya Pala bubuk
  5. Siapkan secukupnya Garam
  6. Sediakan secukupnya Penyedap rasa
  7. Gunakan 3 buah wortel
  8. Ambil 1/4 kg kubis
  9. Siapkan Daun bawang (iris tipis)
  10. Sediakan Seledri (iris tipis)
  11. Gunakan Bawang merah goreng (untuk taburan)

Petang semua, sup ayam kampung kita petang ni. Pagi tadi mat goreng nasi, sebab bonda berpuasa hari ni, jadi mat masakkan sup ayam kampung untuk berbuka nanti. Dan mat rebus juga ketupat segera untuk dimakan bersama sup ayam. Selain tu boleh makan dengan mi kuning, mi hoon, kue teow, pasta, roti, dan juga dimakan begitu sahaja.

Cara membuat Sup ayam ala kampung:
  1. Iris tipis dada ayam.masukkan ke dalam panci berisikan air 3L. Nyalakan api kompor
  2. Haluskan kemiri, bawang putih, garam, lada, pala bubuk.masukkan ke dalam panci
  3. Tunggu hingga mendidih. Masukkan daun bawang dan wortel
  4. Tunggu hingga wortel empuk. Tambahkan penyedap rasa
  5. Matikan kompor dan masukkan irisan kubis
  6. Taburi seledri dan bawang merah goreng. Sop siap disajikan.

Sup ayam kampung Pak Min tampil dalam bentuk sederhana, hanya berupa potongan ayam dan kuah kaldunya yang dit aburi dengan daun seledri dan bawang merah goreng, tanpa potongan sa yuran di dalamnya. Sup ayam ya, kok wangi banget," saya hanya nyengir mendengar komentarnya. Agar kuahnya bersih dan tidak amis sebagaimana sup ayam umumnya, saya mengikuti teknik memasak ala Chinese dimana ayam direbus dulu sebentar hingga air mendidih. Air rebusan pertama yang keruh dan banyak mengandung 'kotoran' ini lantas dibuang dan ayam direbus kembali. Merdeka.com - Bicara soal kuliner sop yang terhitung melegenda, sop ayam kampung Klaten Pak Min adalah salah satunya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sup ayam ala kampung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved