Bagaimana Membuat Sup Ayam Kampung Bening yang Sempurna

Harvey Rowe   17/10/2020 22:22

Sup Ayam Kampung Bening
Sup Ayam Kampung Bening

Sedang mencari ide resep sup ayam kampung bening yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sup ayam kampung bening yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

SOP ayam kampung bening enak lainnya. Salah satu kuliner yang populer dan tersebar luas di Indonesia yaitu Sop Ayam Pak Min Klaten. Tentu tak perlu ditanya lagi apa menunya, siapa pemiliknya, dan darimana kuliner ini berasal, karena sudah cukup jelas terpampang sebagai namanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sup ayam kampung bening, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sup ayam kampung bening yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sup ayam kampung bening yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sup Ayam Kampung Bening menggunakan 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sup Ayam Kampung Bening:
  1. Gunakan 250 gram tulang ayam kampung atau gunakan 1/2 ekor ayam kampung
  2. Gunakan 2 batang wortel, potong2 bulat
  3. Gunakan 1 buah kentang sedang, potong2 dadu
  4. Sediakan 1 buah tomat, belah 6
  5. Sediakan 4 lembar kol, buang tulang, potong-potong
  6. Siapkan 3 batang seledri, potong 2cm
  7. Sediakan 1.8 L air
  8. Gunakan Bumbu :
  9. Ambil 6 buah bawang putih, potong tebal
  10. Gunakan 8 buah bawang merah, potong tebal
  11. Ambil 3/4 biji pala, tumbuk halus
  12. Ambil 1 sdm garam
  13. Siapkan 1 sdt lada
  14. Siapkan 1 sdm gula

Tapi setelah sekian lama rajin memasak, sup bukanlah jenis masakan yang menyusahkan. Berhubung aku ga dapat daging kurban. Jadi aku bikin sup pakai tulang saja. Yang penting bocah bisa makan sayur.

Cara menyiapkan Sup Ayam Kampung Bening:
  1. Didihkan air, lalu masukkan tulang-tulang ayam, masak sampai 20 menit dengan api kecil sampai keluar kaldu.
  2. Masukkan bumbu sup lalu diamkan 10 menit lagi. Masukkan wortel, tunggu 5 menit lalu masukkan kentang.
  3. Test rasanya. Lalu masukkan tomat dan kol. Aduk-aduk 3 menit.
  4. Setelah rasanya pas. Matikan kompor, masukkan seledri, lalu aduk-aduk. Siap dihidangkan.

Mari dicoba ini sup teramat sangat simple untuk dibuat. Menurut mayoritas orang daging ayam kampung memang lebih lezat dibandingkan ayam broiler. Namun daging ayam kampung lebih alot Ladies. Tapi dengan cara mengolah yang pas daging ayam kampung akan sangat terasa kelezatannya. Yuk intip resep sop ayam kuah bening ini untuk menu santapan favorit keluargamu.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sup Ayam Kampung Bening yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved