Langkah Mudah untuk Menyiapkan Dimsum ceker ayam, Enak Banget

Alex Williamson   05/12/2020 15:04

Dimsum ceker ayam
Dimsum ceker ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep dimsum ceker ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal dimsum ceker ayam yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari dimsum ceker ayam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan dimsum ceker ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Dimsum Ceker Ayam/Dimsum kaki ayam/ Angsio ceker ayam. Mending bikin sendiri aja, murah dan dapat banyak bisa dimakan rame rame. Soal rasa ngak kalah sama restoran dimsum.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan dimsum ceker ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Dimsum ceker ayam memakai 20 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Dimsum ceker ayam:
  1. Siapkan ceker ayam
  2. Gunakan Bawang putih cincang halus
  3. Sediakan jahe parut kasar/iris korek api
  4. Siapkan saos tiram
  5. Sediakan kecap asin
  6. Gunakan cabai bubuk
  7. Siapkan bubuk ngohiong
  8. Siapkan lada halus
  9. Siapkan kaldu bubuk
  10. Gunakan angkak - haluskan
  11. Ambil gula
  12. Siapkan garam / sesuai selera
  13. Siapkan minyak wijen
  14. Siapkan Minyak goreng
  15. Gunakan Air es
  16. Siapkan Tepung maizena
  17. Ambil cabai merah besar - iris halus
  18. Sediakan Taburan
  19. Siapkan daun bawang - iris tipis (saya skip karena stok habis)
  20. Gunakan Wijen sangrai

Berikut ini resep angsio kaki ayam. Aku termasuk pencinta chinnese food garis keras, apalagi segala macam dimsum-nya😍😍😍 Salah satunya ceker merah, ceker naga atau ceker dimsum. Sebagai penggemar ceker tentu menu yang satu ini wajib masuk daftar order tiap kari mampir ke resto oriental. Selain di Indonesia, masakan berbahan dasar ceker ayam juga digemari di Tiongkok.

Cara membuat Dimsum ceker ayam:
  1. Goreng ceker ayam dengan minyak yang banyak, tutup rapat karena ceker akan meledak2, saya menggoreng dengan sauce pan 20cm dengan tutup. Goreng sampai kering kecoklatan.
  2. Setelah ceker kering, angkat dan masukkan ke dalam baskom berisi air es, biarkan semalaman di kulkas.
  3. Tumis bawang putih dan jahe, tambahkan saos tiram, kecap asin, cabai bubuk dan bubuk ngohiong. Tambahkan sedikit air, masukkan ceker yg sudah direndam, masukkan air rendaman separuhnya saja.
  4. Biarkan sampai mendidih, kemudian masukkan angkak halus, lada bubuk, gula, garam, kaldu bubuk, koreksi rasa.
  5. Setelah mendidih rebus ceker dengan api sedang sampai empuk. Saya menggunakan metode 5menit direbus dalam air mendidih, matikan api dan diamkan 30menit, didihkan lg dan rebus 7menit, setelah itu saya tambahkan waktu merebus 30 menit dengan api kecil.
  6. Masih direbus dlm api kecil, larutkan tepung maizena dengan sedikit air, masukkan dlm panci, aduk2 sampai kuah sedikit kental, masukkan minyak wijen dan cabai iris. Aduk2 sebentar lalu matikan api
  7. Tata ceker dalam wadah, kemudian kukus sekitar 15menit. Saya menggunakan wadah kaca glasslock. Setelah itu tabur daun bawang dan wijen sangrai.
  8. Note : kalau mau lebih merah bisa tambahkan angkak. Kalau tidak suka daun bawang, bisa ditabur bersama cabai iris sebelum dikukus.

Salah satu masakan Tiongkok berbahan dasar ceker ayam yang sudah populer di Indonesia adalah dim sum ceker ayam. Masakan yang disajikan dalam porsi kecil ini memiliki perpaduan rasa gurih dan manis. Dim sum di sebut juga dianxin. Arti dim sum itu sendiri adalah makanan kecil. Beberapa jenis dimsum adalah siomai, pangsit, bakpao dan ada juga Dim sum ceker ayam.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan dimsum ceker ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved