Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Panggang Bumbu Opor, Lezat

Eugene Moreno   09/09/2020 08:39

Ayam Panggang Bumbu Opor
Ayam Panggang Bumbu Opor

Sedang mencari inspirasi resep ayam panggang bumbu opor yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam panggang bumbu opor yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam panggang bumbu opor, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam panggang bumbu opor enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Bumbu bumbu masakan ayam opor bumbu kuning yakni bawang merah, bawang putih, kunyit jahe, lengkuas, dan bahan bumbu lainnya. Resep masakan opor ayam bumbu santan kuning jawa spesial. Inilah rahasia bumbu opor ayam kuah kuning pedas sederhana, siapkan bahan bumbunya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam panggang bumbu opor sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Ayam Panggang Bumbu Opor menggunakan 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ayam Panggang Bumbu Opor:
  1. Siapkan 1 kg ayam pejantan
  2. Siapkan 6 siung bawang merah
  3. Gunakan 5 siung bawang putih
  4. Ambil 5 siung kemiri
  5. Ambil 1 ruas kunyit
  6. Ambil 1 ruas lengkuas
  7. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk
  8. Sediakan 2 lembar daun salam
  9. Ambil 3 lembar daun jeruk
  10. Ambil 1 sachet santan instant
  11. Gunakan Garam, gula, kaldu jamur
  12. Siapkan Mentega untuk memanggang
  13. Gunakan Pelengkap:
  14. Ambil 1/2 papan tempe
  15. Sediakan Wortel

Masukkan daging ayam yang sebelumnya sudah dipanggang terlebih dahulu, hingga bumbu meresap dan daging menjadi empuk. Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat. Selain ketupat, sebenarnya hidangan berkuah ini pun akan sangat nikmat ketika disantap dengan nasi putih hangat.

Langkah-langkah membuat Ayam Panggang Bumbu Opor:
  1. Haluskan semua bumbu, tumis hingga harum dan bumbu matang.
  2. Masukkaan ayam yang sudah dicuci bersih sebelumnya.
  3. Tambahkan air hingga seluruh permukaan ayam terendam. Tambahkan tempe dan wortel. Masukkan santan. Aduk-aduk agar tidak pecah.
  4. Setelah opor matang, siapkan alat pemanggang. Saya pakai happycall. Oles happycall dengan mentega. Masukkan ayam dan panggang hingga kecoklatan.
  5. Sajikan dengan nasi hangat. Kuah opornya bisa disiram juga ke atas ayam saat akan dimakan. Yummyyy…

Resep Ayam Bumbu Rujak - Kini, sudah banyak variasi makanan yang diolah dari ayam, salah satunya adalah ayam bumbu rujak. Rujak yang biasanya dipadukan dengan buah-buahan dan sayuran, bumbunya yang lezat kini sudah dipadukan dengan lauk sejuta umat, yaitu ayam. Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kental dari santan yang lalu ditambahkan dengan bermacam-macam bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Ayam Pelalah Khass Nusa Tenggara Barat. Berikut ini bumbu rahasia dan cara memasak opor ayam yang rasanya mirip dengan restoran bintang lima.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam panggang bumbu opor yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved