Bagaimana Menyiapkan Ayam panggang Anti Gagal

Eva Lloyd   18/11/2020 18:35

Ayam panggang
Ayam panggang

Sedang mencari inspirasi resep ayam panggang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam panggang yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam panggang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ayam panggang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Ayam panggang termasuk menu yang legendaris, di mana pasti mudah ditemui di manapun dan kapanpun. Cita rasanya yang lezat justru tercipta dari resep masakan yang sederhana. Resep ayam panggang - Ayam adalah salah satu bahan makanan yang mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam panggang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Ayam panggang menggunakan 17 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam panggang:
  1. Siapkan 1 kg ayam
  2. Gunakan 3 buah cabai merah
  3. Ambil 6 butir bawang merah
  4. Gunakan 6 siung bawang putih
  5. Siapkan 1 ruas kunyit
  6. Sediakan 2 ruas jahe
  7. Ambil 8 butir kemiri
  8. Ambil 4 lembar daun salam
  9. Siapkan 2 batang sereh dikeprek
  10. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  11. Ambil 2 ruas laos dikeprek
  12. Siapkan 1 buah gula merah dikeprek
  13. Sediakan secukupnya Kecap manis
  14. Ambil 1 sdt cuka
  15. Ambil 1 sdm Ketumbar
  16. Gunakan Santan dari 1 kelapa secukupnya(sampai ayam terndam dalam wajan)
  17. Ambil Garam

Penasaran seperti apa resep membuat ayam panggang bumbu special yang mudah? Dalam mengolah daging ayam, memang seakan-akan kita tidak akan kehabisan ide dan kreasi baik dari resep bumbu ataupun cara mematangkannya. Cara membuat ayam panggang oven: Lumuri dulu potongan daging ayam dengan menggunakan air jeruk nipis, garam dan juga kecap manis. Cara membuat ayam panggang oven: Lumuri dulu potongan daging ayam dengan menggunakan air jeruk nipis, garam dan juga kecap manis.

Cara membuat Ayam panggang:
  1. Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, ketumbar
  2. Masukkan kedalam wajan, santan, ayam, bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan gula merah. Tambahkan kecap
  3. Nyalakan api. Aduk aduk sesaat. Apabila sudah setengah masak, masukkan cuka
  4. Tambah garam jika dirasa kurang pas. Masak hingga air tinggal sedikit
  5. Panggang di happy call atau oven. Sisa bumbu bisa disajikan bersama ayam yang telah dipanggang

Seperti namanya, ayam panggang ini berasal dari Klaten (Jawa Tengah). Yang khas dari Ayam Panggang Klaten adalah aroma panggang yang gurih karena sarat bumbu dan menggunakan. Tak terkecuali di sajian ayam panggang ini. Supaya ayam matang dan empuk sempurna serta bumbu meresap, ayam dimasak ungkep terlebih dulu. Baru terakhir, dipanggang sebentar hingga luarnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam panggang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved