Bagaimana Membuat Bakso Sapi Kuah Asam yang Bisa Manjain Lidah

Annie Warren   11/08/2020 05:51

Bakso Sapi Kuah Asam
Bakso Sapi Kuah Asam

Sedang mencari inspirasi resep bakso sapi kuah asam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bakso sapi kuah asam yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Tambahkan bumbu halus, bawang bombai, garam, gula, merica dan kaldu sapi bubuk. Kuah Bakso Sapi - Beef Balls Soup. Bakso is such a common food that most people nowadays do not make their own meatballs.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakso sapi kuah asam, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bakso sapi kuah asam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah bakso sapi kuah asam yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Bakso Sapi Kuah Asam menggunakan 20 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Bakso Sapi Kuah Asam:
  1. Siapkan bahan kuah per mangkok:
  2. Siapkan 1 siung bawang putih,digeprak,ditumis,lalu dicincang kasar
  3. Siapkan 2 -3 butir asam jawa(sesuai selera)
  4. Siapkan garam(sesuai selera)
  5. Gunakan 1/2 sdt gula pasir
  6. Ambil 1/4 sdt kaldu jamur bubuk(jika suka)
  7. Siapkan 1/2 sdt merica
  8. Siapkan 1 sdm kecap manis
  9. Sediakan secukupnya air
  10. Gunakan bahan bakso:
  11. Ambil 500 gr daging sapi segar
  12. Siapkan 2 butir telur ayam(gunakan putihnya)
  13. Gunakan 3 siung bawang putih dihaluskan
  14. Siapkan 2 sdm minyak jagung/minyak goreng biasa
  15. Gunakan 4 sdm tepung tapioka
  16. Sediakan 1/2 sdt baking soda
  17. Siapkan 2 sdt garam
  18. Siapkan secukupnya es batu
  19. Gunakan 1 sdt merica bubuk
  20. Gunakan 1 sdm gula pasir

Masak hingga kaldu keluar dari tulang sapi baru bisa disajikan bersama dengan bakso yang sudah matang di panci lainnya. Cara membuat kuah bakso dari tulang sapi: Langkah pertama untuk membuat kuah bakso sapi adalah memanaskan air di dalam panci hingga mendidih. Setelah air sudah mendidih, masukkan tulang sapi yang sudah Anda sediakan. Tunggu hingga matangtulang nya dan mendidih airnya.

Cara menyiapkan Bakso Sapi Kuah Asam:
  1. giling daging sapi dan es batu dg blender/food processor
  2. kemudian masukkan bahan2 lainnya dan haluskan lagi sampai halus
  3. setelah halus,ambil es batu dan pindahkan adonan bakso ke wadah lainnya
  4. rebus air sampai mendidih,kecilkan api dan mulai bentuk bakso sesuai keinginan. Caranya ambil sedikit adonan,kemudian lakukan gerakan seperti memeras,kemudian ambil adonan bulat dg sendok dan masukkan dlm rebusan air. Tunggu bakso mengambang,lalu tiriskan
  5. tunggu sampai bakso mengambang,kemudian masukkan dlm kontainer makanan dan masukkan dlm freezer jika ingin disimpan,bisa tahan 1 minggu
  6. buat bahan kuah,sajikan dgn daun bawang dan bawang goreng

Pertama, giling daging sapi bersama dengan garam, baking soda, tepung tapioka, dan es batu. Lalu cetak gilingan bakso tadi berbentuk bulat. Dimana bulatan bakso ini harus angsng dimasukan ke air yang mendidih. Jika telah mengapung, itu tandanya bakso sudah matang. Jana buang kuahnya karena itu bisa digunakan untuk membuat kuah bakso.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat bakso sapi kuah asam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved