Resep 46. Pepes Bakar/Panggang Hati Ampela dan Usus Ayam yang Lezat

Hattie Hunter   14/08/2020 16:44

46. Pepes Bakar/Panggang Hati Ampela dan Usus Ayam
46. Pepes Bakar/Panggang Hati Ampela dan Usus Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep 46. pepes bakar/panggang hati ampela dan usus ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal 46. pepes bakar/panggang hati ampela dan usus ayam yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 46. pepes bakar/panggang hati ampela dan usus ayam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan 46. pepes bakar/panggang hati ampela dan usus ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Ngeri membayangkan hati ampela ayam mentah langsung diaduk bersama nasi, maka saya menumisnya dulu bersama bumbu agar matang. Cuci hati, ampela, dan usus ayam di bawah air mengalir. Pada suatu hari, ehem, ada acara di kantor saya dan menu utamanya adalah nasi pepes bakar.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah 46. pepes bakar/panggang hati ampela dan usus ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat 46. Pepes Bakar/Panggang Hati Ampela dan Usus Ayam memakai 26 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan 46. Pepes Bakar/Panggang Hati Ampela dan Usus Ayam:
  1. Siapkan 1 kg hati dan ampela, cuci bersih
  2. Ambil 1/2 kg usus ayam, buan kotoran dan cuci bersih
  3. Ambil Sebonggol jahe, geprek
  4. Ambil 2 buah serai, geprek
  5. Siapkan 2 lembar daun salam
  6. Siapkan Lengkuas, geprek
  7. Gunakan 4 siung bawang merah, iris2 (untuk ditumis)
  8. Sediakan 2 siung bawang putih, iris2 (untuk ditumis)
  9. Sediakan 15 siung bawang merah, iris2 (untuk dicampur)
  10. Gunakan 9 siung bawang putih, iris2 (untuk dicampur)
  11. Gunakan Secukupnya gula, garam dan penyedap rasa jika suka
  12. Siapkan Secukupnya minyak untuk menumis bumbu halus
  13. Ambil Secukupnya daun pisang
  14. Ambil Bumbu halus
  15. Ambil Secukupnya air untuk merebus hati ampela dan usus
  16. Ambil 17 siung bawang merah
  17. Ambil 9 siung bawang putih
  18. Sediakan 4 butir cabe lombok yang dibuang bijinya
  19. Gunakan Butir cabe rawit
  20. Sediakan 2 buah kemiri
  21. Siapkan 2 sdm ketumbar bubuk
  22. Ambil 2 cm kunyit
  23. Ambil 1 batang serai bagian putihnya saja, potong2
  24. Siapkan Sedikit lengkuas, potong2
  25. Gunakan 12 cabe rawit (boleh ditambah bagi yg sk pedas)
  26. Ambil 2 cm jahe

Sudah dibuang di tempat penyembelihan karena gak layak dikonsumsi dan membahayakan kesehatan (kolesterol tinggi). Resep Pepes Tahu - Tahu merupakan makanan terbuat dari hasil fermentasi kedelai yang diambil sarinya. Makanan yang sering kita jumpai hampir setiap hari ini memiliki protein yang cukup tinggi dengan tingkat sodium yang rendah. Resep Pepes Jamur - Jamur merupakan salah satu tumbuhan yang hidup di tempat yang lembab.

Cara membuat 46. Pepes Bakar/Panggang Hati Ampela dan Usus Ayam:
  1. Cuci bersih hati, ampela dan usus. Rebus ketiganya dilain panci atau secara bergantian. Jangan lupa tambahkan sebonggol jahe yang sudah di geprek saat merebus ketiganya. Jika sudah matang angkat dan tiriskan.
  2. Ulek atau blender bumbu halus. Sisihkan.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih iris hingga harus.
  4. Masukan serai, lengkuas dan daun salam. Masukan bumbu halus, tumis kembali hingga harum. Tambahkan garam dan penyedap rasa jika suka. Koreksi rasa.
  5. Beri sedikit air dan terus oseng2 hingga setengah kering dan sedikit berminyak.Sishkan.
  6. Potong2 hati ampela dan usus sesuai selera.
  7. Campur potongan hati, ampela dan usus dengan irisan bawang merah bawang putih. Aduk hingga berbaur merata.
  8. Campurkan kembali dengan bumbu tumis hingga merata.Sisihkan.
  9. Ambil potongan daun pisang lalu masukan 2-3 sdm isian hati ampela usus yang telah berbumbu. Bungkus dan tutup dengan lidi atau tusukan gigi. Lakukan ini hingga isian hati ampela usus bumbunya habis.
  10. Rebus air dalam panci untuk mengukus. Masukan semua ke dalam panci. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Angkat dan tiriskan.
  11. Bakar/Panggang hati ampela usus yang telah dikukus. Saya pakai happy call. Bakar/Panggang sampai daun pisang berwarna kegosonga.. Angkat dan tiriskan.
  12. Sajikan dengan nasi hangat. Swlamat menikmati.

Dari sekian ribu jenis jamur tersebut, terdapat jenis jamur yang aman untuk dikonsumsi dan ada pula yang berbahaya apabila dikonsumsi. Masukkan ayam, aduk-aduk dan masak sampai ayam berubah warna. Masukkan santan dan air asam, masak di atas api besar sampai mendidih dan ayam hampir matang. Kecilkan api dan masak terus di atas api sedang hingga ayam lunak, kuah mengental dan bumbu meresap semmpurna. Resep Tumis Ayam Saus Jeruk Praktis & Enak - Biasanya disaat memilih resep menu yang cepat seperti sedang buru-buru atau untuk buka puasa, banyak dari kita lebih suka yang sesuatu yang praktis & menu yang dapat menggugah selera.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat 46. pepes bakar/panggang hati ampela dan usus ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved