Cara Gampang Membuat Opor Ayam Panggang Jepara, Bikin Ngiler

Lydia Osborne   26/07/2020 07:22

Opor Ayam Panggang Jepara
Opor Ayam Panggang Jepara

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam panggang jepara yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam panggang jepara yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Menu yg tak asing hadir saat lebaran salah satunya adalah Opor Ayam. Tapi kali ini saya melirik ke kuliner khas Jepara krn opor ayamnya unik, ada sesi dipanggang dulu sebelum di mix dg bumbu opor. Bisa dibayangkan bgm sensasinya 😋👍 Bagi yg pernah ke Jepara.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam panggang jepara, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan opor ayam panggang jepara yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam panggang jepara sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam Panggang Jepara menggunakan 20 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Opor Ayam Panggang Jepara:
  1. Ambil Bahan Utama :
  2. Ambil 1 ekor ayam pejantan (saya: broiller yg masih ada telur mudanya)
  3. Gunakan 1/2 st kunyit bubuk
  4. Sediakan 1 st ketumbar bubuk
  5. Siapkan 1 st garam halus
  6. Ambil 2 sdm minyak sayur
  7. Sediakan Bumbu² >> haluskan :
  8. Gunakan 5 bawang merah
  9. Ambil 5 bawang putih
  10. Ambil 3 cm jahe
  11. Ambil 3 cm lengkuas
  12. Sediakan 2 butir kemiri
  13. Ambil 1 st ketumbar bubuk
  14. Gunakan 1/2 st merica bubuk
  15. Sediakan Bahan Pelengkap :
  16. Sediakan 750 ml santan
  17. Siapkan 1 st irisan gula merah
  18. Siapkan 1 st gula pasir
  19. Sediakan 2 lbr daun salam
  20. Ambil 2 lbr daun jeruk

Inibaru.id - Sebagai kabupaten yang dekat dengan laut, kabupaten Jepara di Jawa Tengah memiliki beberapa kuliner laut yang menggoda selera. Selain pindang serani, kabupaten ini juga punya kuliner lain yang nggak kalah enak yaitu opor panggang. Nah, kamu yang doyan opor, sebaiknya nggak melewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan ini jika berkunjung ke Desa Mayong, daerah asal masakan tersebut. Resep Membuat Opor Panggang Makanan Khas Jepara - Opor Panggang merupakan makanan khas Jepara tepatnya di desa Mayong, makanan satu ini merupakan collab antara ayam panggang plus opor.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam Panggang Jepara:
  1. Bersihkan ayam, potongan sesuai selera ya. Lalu lumuri dg bumbu dari "Bahan Utama"
  2. Kemudian siapkan alat panggang Happy Call, taruh ayam dan panggang 1/2 matang dg di bolak balik (tampak bekas panggangannya)
  3. Siapkan bumbu yg akan dihaluskan, blender dg diberi sdkt air
  4. Siapkan wajan, tumis bumbu halus masak hg harum lalu + 50 ml air baru masukkan ayam panggang nya aduk², kmdn tambahkan "Bahan Pelengkap" nya >> aduk²
  5. Beri irisan gula merah & gula pasir >> cek rasa. Masak hg 1/4 dari kuah menyusut. Beri bawang merah goreng, matikan api.
  6. Sajikan bersama pelengkap: lontong/ketupat, kerupuk emping dan sambal merah
  7. Didalam mangkuk saya sertakan jg telur muda yg ada didalam perut ayam nya ☺

Jadi ayam dipanggang terlebih dahulu sebelum di opor, begitulah singkat cerita nya hehe. Apaan sih gajelas, maaf lanjut lagi, makanan ini juga punya saudara. JAKARTA - Jepara mempunyai masakan khas. Menu ini menggabungkan dua masakan ayam panggang dan opor menjadi satu menu unik dan lezat. Olahan yang satu ini bisa menjadi menu sahur atau berbuka puasa.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Opor Ayam Panggang Jepara yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved