Bagaimana Membuat Sambal Udang Kentang / Udang Kentang Balado yang Menggugah Selera

Jonathan Bridges   01/09/2020 10:36

Sambal Udang Kentang / Udang Kentang Balado
Sambal Udang Kentang / Udang Kentang Balado

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal udang kentang / udang kentang balado yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal udang kentang / udang kentang balado yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Sambal Kikil Kentang Balado enak lainnya. Udang balado or Sambal goreng udang is a hot and spicy shrimp dish commonly found in Indonesian cuisine. It is made of shrimp, either peeled or unpeeled, stir-fried in hot and spicy sambal paste in small amount of cooking oil.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal udang kentang / udang kentang balado, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambal udang kentang / udang kentang balado yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sambal udang kentang / udang kentang balado yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal Udang Kentang / Udang Kentang Balado menggunakan 13 bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sambal Udang Kentang / Udang Kentang Balado:
  1. Gunakan 1/2 kg udang besar, kupas kepala, sisanya biar manis
  2. Gunakan 1 papan pete (opsional)
  3. Siapkan 3 buah kentang ukuran sedang, potong kotak2
  4. Siapkan 5 siung bawang merah
  5. Ambil 3 siung bawang putih
  6. Siapkan 1 buah tomat merah
  7. Ambil 5 lembar daun jeruk
  8. Siapkan 1 sdm terasi
  9. Sediakan Komposisi cabai di blender:
  10. Ambil 2 bh cabe besar
  11. Gunakan 5 bh cabe keriting
  12. Ambil 10 bh cabe rawit merah
  13. Gunakan secukupnya Garam, gula dan kaldu jamur

Balado ati kentang / sambel goreng ati. Karna ga suka kalo makan ati ayam goreng, jadilah diolah jadi balado. Walau bahannya campur" tapi tetep nyambung dimasak sambal balado gini, apalagi kalo dimakan pakai nasi anget tetep mantap euyy 👍🏻 Kombinasi kentang dan balado mampu menggugah selera Anda. Untuk hari raya, kentang balado bisa menjadi sambal atau menu pendamping dari menu utama, ketupat dan opor.

Cara membuat Sambal Udang Kentang / Udang Kentang Balado:
  1. Goreng kentang setengah garing. Pakai minyak yg sama, goreng udang setengah matang. Tiriskan buang minyak bekasnya.
  2. Tumis bawang2an sampai harum baru masukan terasi dan daun jeruk lalu cabai yang sudah diblender. Aduk2 sampai wangi. Baru masukan udang dan kentangnya. Beri bumbu lalu sajikan.

Sedangkan untuk di hari biasa, Anda bisa menjadikan kentang balado sebagai menu makanan utama yang disajikan bersama nasi. Jika Anda penyuka pedas dan ingin memakan langsung. Bagi anda yang suka dengan masakan yang berbahan kentang. Apalagi suka dengan makanan pedas, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sambal goreng. Simak dan baca secara lengkap ya, supaya tidak ada yang terlewatkan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sambal Udang Kentang / Udang Kentang Balado yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved