Resep Ayam Panggang Areh Khas Klaten Anti Gagal

Marian Rodgers   02/11/2020 14:18

Ayam Panggang Areh Khas Klaten
Ayam Panggang Areh Khas Klaten

Anda sedang mencari ide resep ayam panggang areh khas klaten yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam panggang areh khas klaten yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam panggang areh khas klaten, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam panggang areh khas klaten yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Resep Ayam Panggang Areh (klaten). nggak tau kenapa selalu seneng sama yg namanya ayam panggang. ngga pernah ada bosennya. kali ini saya bikin ayam panggang areh. bahan" yg digunakan cukup mudah. kali ini saya pakai cabenya sedikit, supaya anak" tetap bisa ikut makan. selamat mencoba 😊. Ayam panggang Klaten bumbunya dimasak bersama ayam plus santan encer hingga ayam empuk. Di tahap akhir barulah ditambahkan santan kental dan dimasak hingga berminyak dan santan menyatu dengan bumbu bergumpal halus.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam panggang areh khas klaten sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Ayam Panggang Areh Khas Klaten menggunakan 18 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ayam Panggang Areh Khas Klaten:
  1. Sediakan 1 ekor ayam utuh, belah dadanya, bersihkan
  2. Sediakan 800 ml santan (me : 65 ml santan kara + air)
  3. Ambil 150 gram gula merah
  4. Ambil 2 lembar daun salam
  5. Ambil 2 lembar daun jeruk
  6. Ambil 1 ruas jahe, memarkan
  7. Ambil 1 ruas lengkuas, memarkan
  8. Gunakan 1/2 sdm gula pasir
  9. Gunakan Sejumput garam dan kaldu bubuk (sesuai selera)
  10. Siapkan Bumbu yang dihaluskan :
  11. Siapkan 9 siung bawang putih
  12. Ambil 5 siung bawang merah
  13. Sediakan 4 butir kemiri
  14. Siapkan 3 buah cabe merah keriting
  15. Sediakan 3 cm kunyit
  16. Ambil 1 sdm ketumbar
  17. Gunakan 1 sdt merica butir
  18. Siapkan 1/4 sdt jinten

Ayam Panggang Areh khas Klaten Nyobain masak ayam utuh, susahnya pas ngangkat aja krn berat biasa bolak balik ayam ga pake tenaga ekstra. Rasanya enak sekali, gurih dan sedikit manis.beda sama ayam panggang biasa, cobain dech.gak rugi pokoknya. Resep Masakan Ayam panggang Khas klaten. Kuliner khas kota Klaten salah satunya yang terkenal ngetop adalah Masakan ayam panggang.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Panggang Areh Khas Klaten:
  1. Panggang ayam terlebih dahulu. Saya menggunakan double pan HappyCall. Panggang sambil dibolak-balik sampai tercium aroma khas bakar. Angkat dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dan bumbu pelengkap lainnya sampai wangi dan matang. Masukkan santan dan air. Tunggu sampai mendidih sambil santan diaduk-aduk.
  3. Kemudian masukkan ayam. Setiap 10 menit balik posisi ayam. Sering aduk santan sampai menyusut dan mengental kecoklatan.
  4. Santan mulai menjadi areh sekitar semangkuk kecil. Matikan api.
  5. Bisa dibakar lagi dengan dilumuri kecap atau langsung disajikan. (Sampai tecopot tulangnya dan terbelah 2 bagian ayamnya, memang empuk sekali)

Masakan ini berupa ayam panggang dengan bumbu areh yang gurih manis dan aroma ayam yang cukup memancing selera. Namun sekarang menu ini juga sudah tidak harus diperoleh dengan datang ke kota sana. Ayam Panggang Areh khas Klaten Nyobain masak ayam utuh, susahnya pas ngangkat aja krn berat biasa bolak balik ayam ga pake tenaga ekstra. Trus tu durasi masak lebih lama karena ayamnya ga dipotong, musti sabar karena hasilnya juga worth it banget bikin boros nasi Source : Farhah Ayam Panggang Ny. Salah satu menu ayam yang unik dan cukup saya gemari adalah menu ayam panggang khas Klaten.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam panggang areh khas klaten yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved