Cara Gampang Membuat Ayam Gulung Bihun Kuah Lemak, Bisa Manjain Lidah

Gerald Bridges   19/11/2020 18:30

Ayam Gulung Bihun Kuah Lemak
Ayam Gulung Bihun Kuah Lemak

Sedang mencari ide resep ayam gulung bihun kuah lemak yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam gulung bihun kuah lemak yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam gulung bihun kuah lemak, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam gulung bihun kuah lemak yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Resep Ayam Gulung Bihun Kuah Lemak. Buat bagian ayam yang dipakai kebetulan saya memakai dada yang sudah dihilangkan lemak dan kulitnya. Kalau ingin diganti dengan bagian paha tanpa tulang juga bisa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ayam gulung bihun kuah lemak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Ayam Gulung Bihun Kuah Lemak memakai 16 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ayam Gulung Bihun Kuah Lemak:
  1. Gunakan 1 buah Dada Ayam
  2. Gunakan 65 gram Bihun Jagung Superior
  3. Gunakan 4 butir Telur Ayam
  4. Gunakan secukupnya Daun Ketumbar
  5. Gunakan 5 siung Bawang Merah
  6. Siapkan 3 siung Bawang Putih
  7. Ambil 2 sendok teh Ketumbar
  8. Gunakan 3 butir Kemiri
  9. Gunakan 2 cm Kunyit
  10. Gunakan secukupnya Terasi
  11. Siapkan secukupnya Garam
  12. Sediakan secukupnya Gula Pasir
  13. Siapkan 150 ml Santan
  14. Sediakan 3 sendok makan Minyak Goreng
  15. Ambil 1 buah Serai
  16. Ambil 2 buah Daun Jeruk

Lihat juga resep Bihun Telur Gulung enak lainnya. Resipi sedap dan mudah untuk Laksam Kuah Lemak Kelantan. Laksam ni memang sinonim dengan negeri Cik Siti Wan Kembang. Cara penyediaanya cukup mudah tetapi perlu mengambil masa itu yang ramai yang malas nak membuatnya walaupun setiap kali makan sangat berselera.

Cara menyiapkan Ayam Gulung Bihun Kuah Lemak:
  1. Siapkan bahan-bahan yang akan dihaluskan. Ulek/ blender semuanya kecuali daun jeruk dan serai.
  2. Setelah semuanya halus. Sisihkan.
  3. Rebus air sekitar 400 ml hingga mendidih. Bersihkan dada ayam dari lemak-lemak dan kulitnya, iris memanjang seperti korek api ukuran besar. Bumbui dengan garam dan lada. Rebus ayam sampai matang dan sisihkan air rebusannya.
  4. Seduh Bihun Jagung Superior dengan air mendidih hingga lentur. Sisihkan.
  5. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan beserta daun jeruk dan serai hingga wangi dan matang.
  6. Setelah bumbu matang tambahkan kaldu ayam (air rebusan ayam). Masak hingga mendidih lalu kecilkan api. Selagi menunggu kuah mendidih, rebus telur.
  7. Setelah kuah mendidih, tambahkan santan kental. Aduk rata jangan sampai santan pecah. Kalau sudah mendidih matikan api.
  8. Lilitkan bihun pada ayam yang sudah matang. Sisihkan.
  9. Dipiring saji, letakan sedikit bihun. Susun ayam gulung bihun diatas bihun lalu beri kuah. Percantik dengan telur dan daun ketumbar. Siap disajikan.

Penuhkan air dan masukkan satu rempah sup bunjut. Perasakan dengan satu kiub ayam knorr dan garam secukupnya. Bihun juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Waktu tau ada lomba dengan bihun jagung superior langsung terpikir buat bikin resep ini. Apalagi sekarang lagi jaman segala sesuatu serba pedas.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Gulung Bihun Kuah Lemak yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved