Resep Siomay Ayam Udang yang Sempurna

Lucy Lindsey   01/09/2020 05:49

Siomay Ayam Udang
Siomay Ayam Udang

Lagi mencari ide resep siomay ayam udang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal siomay ayam udang yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari siomay ayam udang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan siomay ayam udang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Makanan Tiongkok yang cukup popular di Indonesia salah satunya ialah dimsum. Rasanya lezat dengan tekstur yang sangat legit. Berbahan dasar udang dan ayam yang dibungkus dengan menggunakan kulit siomay, merupakan ciri khas dari hidangan ini.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat siomay ayam udang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Siomay Ayam Udang memakai 13 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Siomay Ayam Udang:
  1. Ambil 200 gr daging ayam fillet
  2. Sediakan 100 gr udang
  3. Sediakan 100 gr labu siam (berat setelah dikupas)
  4. Ambil 150 gr tepung tapioka
  5. Sediakan 2 sdm tepung terigu
  6. Gunakan 1 butir telur
  7. Ambil 1,5 sdt garam
  8. Ambil 1 sdt gula pasir
  9. Gunakan 1/2 sdt lada bubuk
  10. Siapkan Secukupnya penyedap rasa (saya skip)
  11. Ambil Bumbu halus :
  12. Sediakan 4 butir bawang merah
  13. Gunakan 2 siung bawang putih

Bisa dicocol dengan saus cabe atau saus kacang yang gurih pedas. Resep Siomay Ayam Udang Gurih - Belajar membuat masakan siomay sendiri memang mudah. Namun jika Anda belum pernah mencoba siomay yang satu ini rasanya kurang lengkap. Masakan kali ini akan menggunakan ayam dan juga udang sekaligus.

Cara membuat Siomay Ayam Udang:
  1. Siapkan semua bahan. Haluskan bawang merah dan bawang putih.
  2. Cuci bersih ayam fillet, udang, dan labu siam, potong2 lalu haluskan menggunakan food prosessor / blender.
  3. Dalam wadah, campur semua bahan siomay jadi 1, aduk rata.
  4. Didihkan air secukupnya, ambil 1 sdm adonan atau sesuai selera lalu masukkan kedalam air mendidih, masak hingga mengapung, tandanya sudah matang.
  5. Tiriskan siomay, simpan dalam kukusan, panaskan jika ingin disajikan. Sajikan dengan tambahan kol, kentang, tahu, dan telur rebus serta sambal saus kacang, kecap, dan saus sambal / saus tomat.. 🤤🤤

Lihat juga resep Siomay basah Ayam Udang enak lainnya. Walaupun demikian, siomay dimsum saat ini dapat dikreasikan menggunakan bahan lainnya yang halal seperti siomay dimsum yang terbuat dari udang, daging kepiting, daging sapi, dan juga daging ayam. Di negara Cina, siomay dimsum umumnya berbentuk silinder yang di atasnya diberi hiasan seperti telur kepiting atau parutan wortel yang mempunyai warna. Resep Membuat Siomay Ayam Enak dan Kenyal - Siomay adalah jenis makanan yang memiliki ciri khas rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal. Makanan merupakan salah satu jenis makan yang berasal dari daerah sunda dan lebih tepatnya yaitu kota Bandung sehingga sering disebuat dengan nama siomay Bandung.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan siomay ayam udang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved