Bagaimana Membuat Pempek Dos Ebi Anti Gagal

Hallie Perez   23/09/2020 23:30

Pempek Dos Ebi
Pempek Dos Ebi

Sedang mencari ide resep pempek dos ebi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek dos ebi yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek dos ebi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pempek dos ebi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Pempek Dos Tanpa Ikan + Resep Kuah Cuko dan Ebi Resep dari : Teh Agie (pempek) dan Thia's Dish (Kuah Cuko). Tp masih blm bisa kepasar dan di kang sayur ada ebi. Diawali rasa penasaran dengan pempek dos ebi, akhirnya mencoba untuk membuatnya Resep Pempek DOS Bumbu Ebi (tanpa ikan).

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pempek dos ebi yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pempek Dos Ebi memakai 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pempek Dos Ebi:
  1. Sediakan Bahan Adonan
  2. Gunakan 250 gr Tepung tapioka
  3. Gunakan 125 gr Tepung terigu
  4. Ambil 250 ml air
  5. Gunakan 2 sdt garam
  6. Sediakan 1 sdt kaldu bubuk
  7. Gunakan 3 siung bawang putih,haluskan
  8. Siapkan 3 sdm ebi sangrai,haluskan
  9. Sediakan 2 butir telur
  10. Gunakan Bahan kuah cuko:
  11. Siapkan 225 gr gula merah
  12. Gunakan 25 gr gula pasir
  13. Sediakan 500 ml air
  14. Ambil 2 sdm asam jawa,larutkan dengan air panas 100ml
  15. Siapkan Bumbu Halus Kuah Cuko:
  16. Siapkan 8 siung bawang putih
  17. Sediakan 5 buah cabe merah keriting (me,1 buah)
  18. Sediakan 10 buah cabe merah rawit
  19. Gunakan 2 sdm ebi sangrai
  20. Ambil 1 sdt garam

Atau, Moms bisa membuat pempek dos versi premium dengan penggunaan ebi daripada kaldu. Tinggal direndam dan dihaluskan, lalu campur dengan ebi yang sudah diseduh dan bahan-bahan lain. Jadilah pempek dos dengan aroma seafood yang kuat. Tak perlu berlama-lama, berikut ini resep pempek dos dari nasi putih sisa dan ebi yang bisa dicoba di rumah.

Cara menyiapkan Pempek Dos Ebi:
  1. Rebus air sampai mendidih,garam,bawang putih,ebi halus,dan kaldu bubuk.Kecilkan api,masukan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat dengan spatula kayu.Angkat,diamkan sampai hangat
  2. Pindahkan adonan terigu ke dalam wadah/baskom.Masukan telur 1/1 sambil diuleni.Masukan tepung tapioka sedikit demi sedikit diuleni kembali sampai kalis atau tidak lengket ditangan
  3. Bentuk adonan menjadi lenjer.Masukan ke dalam air mendidih yang dicampur sedikit minyak,agar tidak lengket.Rebus sampai mengapung,angkat,tiriskan.Dinginkan dan siap digoreng
  4. Untuk sisanya bisa dimasukan kedalam wadah tertutup simpan di kulkas
  5. Kuah cuko: Masak semua bahan sampai mendidih sesekali diaduk sampai gula larut.Test rasa,matikan api.Saring (me,tidak disaring).
  6. Sajikan pempek goreng dengan kuah cuko dan irisan timun

Serupa dengan pempek tanpa ikan lainnya seperti pempek pistel tanpa ikan disini, atau pempek panggang tanpa ikan disini. Pempek Dos Belah pun juga tanpa ikan. Pempek ini berbentuk lonjer kecil /lonjong kecil, bagian tengahnya di belah lalu diberi isian ebi dan sambal pedas serta kecap. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pempek dos ebi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved