Langkah Mudah untuk Membuat Pempek Rebon, Lezat

Linnie Simon   21/10/2020 13:43

Pempek Rebon
Pempek Rebon

Sedang mencari inspirasi resep pempek rebon yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek rebon yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Pempek dos udang rebon enak lainnya. Pempek Rebon enak dan murah meriah, bahan-bahan mudah banget di dapat dan membuatnya juga mudah, Teman-teman pasti bisa membuat Pempek Rebon dirumah,nah sela. Kali ini kita akan membuat pempek yang bahannya cukup ekonomis dan sederhana yaitu pempek udang rebon.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek rebon, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pempek rebon enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pempek rebon yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pempek Rebon memakai 18 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Pempek Rebon:
  1. Sediakan 125 gram tepung terigu
  2. Ambil 200 gram tepung sagu
  3. Ambil 250 ml air
  4. Gunakan 3 sdm rebon, sangrai
  5. Siapkan 2 butir telur
  6. Siapkan secukupnya garam/kaldu bubuk
  7. Siapkan Saus cuko :
  8. Sediakan gula merah
  9. Siapkan gula pasir
  10. Sediakan air
  11. Gunakan secukupnya asam jawa
  12. Ambil Bumbu halus untuk cuko :
  13. Sediakan bawang putih (kalo suka yang agak menyengat, bisa dibanyakin)
  14. Siapkan cabe rawit merah
  15. Ambil cabe keriting
  16. Sediakan secukupnya garam
  17. Sediakan ebi (tapi aku ga pake)
  18. Siapkan Pelengkap : ketimun

Bikin pempek nggak harus pakai ikan dan ribet kok, bisa juga pakai rebon. Biasanya kalau lagi pengen makan pempek saya suka bikin pempek dos (pempek tanpa ikan), simple dan enggak membutuhkan banyak bahan dalam membuatnya. nah, kebetulan ada ebi (udang rebon) dirumah saya mau coba membuat pempek udang rebon, setelah googling dan nanya sama mama saya yang ada di palembang akhirnya saya jadi juga membuat pempek udang rebon. Pempek Istimewa dari Udang Rebon, Intip Resepnya. Dream - Pempek identik dengan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya.

Langkah-langkah membuat Pempek Rebon:
  1. Siapkan wajan. Sangrai rebon yang sudah dicuci, hingga kering. Angkat. Tumbuk/ulek dengan ulekan. Sisihkan.
  2. Siapkan panci. Masukkan air dan garam/kaldu bubuk. Setelah mendidih, kecilkan api. Masukkan terigu, aduk cepat. Sisihkan. Diamkan sekitar 5-10 menit.
  3. Siapkan wadah. Masukkan adonan terigu tadi. Tambahkan telur satu per satu. Aduk hingga rata. (bisa juga pake food processor ya)
  4. Tambahkan tepung sagu dan rebon yang udah ditumbuk/ulek. Uleni hingga kalis. Bentuk silinder.
  5. Siapkan panci. Rebus air hingga mendidih. Rebus pempek hingga matang. Sisihkan.
  6. Siapkan wajan. Beri minyak. Goreng pempek hingga kecokelatan. Angkat.
  7. Saus cuko : Siapkan panci. Rebus seluruh bahan cuko dan juga bumbu halusnya. Tunggu mendidih, baru matikan api. Jangan lupa cicipi rasanya.
  8. Kalau rasa saus cuko sudah sesuai, saring.
  9. Pempek rebon siap disajikan dengan saus cuko dan pelengkapnya ketimun/mie kuning (๑´ڡ`๑)

Rasa gurih yang khas dari pempek memang berasal dari ikan. Resep Pempek Udang Rebon Palembang Sederhana Spesial Asli Enak. Biasanya empek - empek Palembang atau Bangka terbuat dari bahan adonan Pempek udang ini sebenarnya termasuk hasil modifikasi atau aneka kreasi pempek, termasuk jenis pempek ikan teri, pempek dos, pempek pistel. Lalu masukkan bahan B,lalu aduk rata. Angkat lalu saring Setelah disaring, bahan B tadi panaskan lagi lalu masukkan bahan C.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat pempek rebon yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved