Resep Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang, Sempurna

Bess Gomez   09/09/2020 16:02

Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang
Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang

Anda sedang mencari ide resep pempek dos (tanpa ikan) plembang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek dos (tanpa ikan) plembang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek dos (tanpa ikan) plembang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pempek dos (tanpa ikan) plembang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Kamu tetap bisa membuat pempek tanpa ikan. Pempek ekonomis ini dikenal dengan sebutan pempek dos. Bentuk pempek dos persis seperti pempek khas Palembang pada umumnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pempek dos (tanpa ikan) plembang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang memakai 6 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang:
  1. Sediakan 250 gr terigu
  2. Sediakan 2 butir telor ayam utuh
  3. Ambil 1 sdm garam (sesuai selera)
  4. Siapkan 1/2 sdt vetsin (you may skip it, it's optional)
  5. Ambil 400 gr sagu, merk apa sj (kl mw lebih kenyal boleh + 100 gr)
  6. Siapkan 1 liter air

Namun siapa yang tahu, ternyata nama tersebut diambil sebab saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Bagi kamu yang belum tahu, pempek DOS adalah pempek yang dibuat tanpa tambahan ikan sedikitpun. Nama pempek DOS memang terdengar unik. Nama ini ternyata diambil karena saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang:
  1. Campur semua bahan jadi satu kecuali sagu. Aduk rata sampai tidak ada yg bergerindil.
  2. Didihkan adonan sambil sesekali diaduk agar tidak gosong. Gunakan api kecil ya Jeng2.. Aduk terus sampai mengental. Kalo sudah mendidih dan kental, matikan api dan dinginkan.
  3. Setelah dingin, tambahkan sagu sedikit2 sambil terus diuleni.
  4. Setelah diuleni, baru bisa dibentuk/ dibikin sesuai selera. Untuk jenis pempek yg bs langsung digoreng antara lain : pempek pistel, pempek isi udang rebon, dan pempek isi tahu (tahunya digoreng sebentar dulu sebelum diisikan). Untuk jenis pempek yg direbus : pempek telok kecik, pempek lenjer, dan pempek kerupuk / keriting.
  5. Untuk pempek yg langsung digoreng, Jeng2 harus ingat. Saat menggoreng gunakan api kecil saja, biar gak gosong tp masih mentah dalem. Nha, kalo untuk pempek rebus, pun jgn terlalu lama merebusnya. Kalo sdh mengapung si pempek, angkat.
  6. Digambar akhir aku pake foto pempek telok kecik dan pempek lenjer yg digoreng dulu sebelum disajikan ke misua. Request misua? Goreng garing, Hun..😙 Nha, siap deh dinikmati pake cuko.

Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Lihat juga resep Pempek Dos enak lainnya. Hasilnya sih tetap enak ya, apalagi cukonya 🤤 setidaknya mengobati kangen makan pempek asli palembang yg biasa dibawain suami klo dari dinas di s. Jangan khawatir, resep pempek dos alias pempek tanpa ikan dari Ny. Liem walau tidak menggunakan cincangan ikan namun tampangnya sangat menjanjikan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved