Resep Cuko Pempek (tanpa ebi), Menggugah Selera

Lola Mack   01/11/2020 19:28

Cuko Pempek (tanpa ebi)
Cuko Pempek (tanpa ebi)

Anda sedang mencari inspirasi resep cuko pempek (tanpa ebi) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cuko pempek (tanpa ebi) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Pempek Dos Udang Rebon + Cuko (Tanpa Ikan) enak lainnya. Lihat juga resep Cuko enak lainnya! Sementara itu, cuko pempek Palembang yang otentik cenderung kental dan pekat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko pempek (tanpa ebi), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cuko pempek (tanpa ebi) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cuko pempek (tanpa ebi) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Cuko Pempek (tanpa ebi) menggunakan 8 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Cuko Pempek (tanpa ebi):
  1. Sediakan 500 ml Air Matang
  2. Sediakan 400 gram Gula Merah
  3. Ambil 1/2 sdt Garam
  4. Ambil 1 sdt Gula
  5. Sediakan 3-5 sdm Air Asam (asamnya sesuai selera)
  6. Siapkan Bahan Dihaluskan :
  7. Ambil 5 siung Bawang Putih
  8. Siapkan 15 biji Cabai Keriting (pedisnya sesuai selera)

Pempek belah ini salah satu jenis pempek favorit disini. Pempeknya diberi isian tumisan ebi/udang rebon pedas dan kecap. Siapa sangka pempek juga tak kalah lezat dibuat tanpa bahan fillet daging ikan? Selain racikan bumbu yang tepat, anda juga bisa menambahkan ebi kering untuk memperkaya citarasanya.

Cara menyiapkan Cuko Pempek (tanpa ebi):
  1. Rebus gula merah, gula pasir dan garam terlebih dahulu. Hingga gula larut.
  2. Masukkan bumbu halus (bawang putih dan cabai), dan air asam. Aduk rata. Masak hingga mendidih. Koreksi rasa.
  3. Matikan api. Kemudian saring. Simpan dalam wadah kedap udara. Tunggu dingin. Simpan dalam kulkas (jika perlu).

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Pempek Adaan Tanpa Ikan Lembut dan Gurih. Terakhir tambahkan ebi kering di kedua cuko tersebut setelah ebi ditumbuk halus terlebih dahulu. Cuko akan terasa lebih nikmat jika dibiarkan selama sehari. Walau tanpa ikan, pempek dos dijamin tetap enak dipadu kuah cuko asam dan pedas.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cuko pempek (tanpa ebi) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved