Resep Cuko Pempek Palembang Anti Gagal

Viola Payne   15/06/2020 17:48

Cuko Pempek Palembang
Cuko Pempek Palembang

Anda sedang mencari inspirasi resep cuko pempek palembang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko pempek palembang yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko pempek palembang, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cuko pempek palembang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cuko pempek palembang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Cuko Pempek Palembang menggunakan 10 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Cuko Pempek Palembang:
  1. Sediakan 500 gr gula merah
  2. Ambil 500 ml air
  3. Sediakan 1 sdm ebi, sangrai lalu haluskan
  4. Siapkan 1 sdt gula pasir
  5. Siapkan 1/2 sdt garam
  6. Ambil 3 sdm asam jawa
  7. Siapkan Bumbu halus:
  8. Siapkan 10 bawang putih
  9. Gunakan 20 cabe rawit (saya 15 biji)
  10. Ambil 3 cabe merah kriting (saya skip)

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Resep ini saya dapat dari hasil modifikasi sana dan sini. Ini adalah resep cuko jualan pempek saya 😁 "CUKO" kata ini sering salah dalam penyebutan.

Langkah-langkah menyiapkan Cuko Pempek Palembang:
  1. Rebus air, masukkan gula merah, aduk rata hingga gula larut.
  2. Tambahkan semua bumbu, aduk rata. Masak sampai mendidih
  3. Jika sudah mendidih dan rasa sudah pas sesuai selera, angkat lalu pindah ke wadah lain sambil disaring.

Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya. Gula merah yang biasa digunakan pada saat pembuatan Cuko ini yaitu gula merah Linggau atau gula merah khusus untuk buat. Resep Cuko Pempek Palembang, dari Bahan Sederhana, Gampang Dibuat, Dijamin Kental dan Gurih Bila mendengar kota Palembang, maka sudah pasti kita akan teringat dengan makanan khas Palembang yakni pempek yang dimakan bersama cuko. Cuko Pempek Seperti pepatah orang Palembang mengatakan "Makan Pempek Kalu Idak Ngirup Cuko, Teraso Idak Makan Pempek" (Makan pempek kalau tidak menghirup cuka (kuah), maka sama saja dengan tidak makan pempek).

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cuko pempek palembang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved