Resep Cuko pempek, Lezat Sekali

Lois McCormick   31/08/2020 07:58

Cuko pempek
Cuko pempek

Lagi mencari inspirasi resep cuko pempek yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cuko pempek yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuko pempek, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan cuko pempek yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cuko pempek sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Cuko pempek menggunakan 11 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Cuko pempek:
  1. Siapkan 1 keping gula merah (100gr)
  2. Ambil 2 sdm cuka makan
  3. Gunakan 2 sdm saos tiram
  4. Sediakan 3 sdm gula pasir
  5. Sediakan 6 buah cabe merah keriting
  6. Gunakan 5 buah cabe rawit merah
  7. Sediakan 3 siung bawang putih
  8. Siapkan 200 ml larutan asam jawa
  9. Ambil 800 ml air
  10. Sediakan 1 sdt garam
  11. Sediakan 1 sdt kaldu jamur

Cuko pempek (kuah pempek Gula merah) bwg putih, cabe rawit (optional), asam jawa, gula merah/aren, air, garam Ummi Sholah & Hanin. Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek. Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap.

Cara menyiapkan Cuko pempek:
  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Haluskan cabe dan bawang putih
  3. Didihkan air lalu masukan gula merah,saos tiram,cuka,kaldu jamur dan gula pasir masak sampai gula merah larut dan mendidih
  4. Setelah mendidih masukan bumbu yg sudah dihaluskan masak lagi sampai mendidih (cek rasa)
  5. Saring lalu simpan dalam wadah
  6. Sajikan cuko dengan pempek dan potongan mentimun

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek adaan (deep-fried chicken and shrimp meatballs) with saus cuko (spicy tamarind sauce). Frying pempek mixture into fried meatballs.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cuko pempek yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved